alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Gatra.com /
Holding Migas Masih Rencana, Saham PGN Telah Tergerus 42,6%
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b63029e7404441b8b456c/holding-migas-masih-rencana-saham-pgn-telah-tergerus-426

Holding Migas Masih Rencana, Saham PGN Telah Tergerus 42,6%

Holding Migas Masih Rencana, Saham PGN Telah Tergerus 42,6%
 

Jakarta, Gatra.com - Rencana pembentukan induk usaha energi memberi sentimen negatif terhadap pergerakan harga saham PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) Sejak rencana itu mulai kencang dihembuskan Kementerian BUMN tahun lalu, saham emiten berkode PGAS ini terhitung turun 42,6% sepanjang tahun.

 
 
Head of Research Infinitum Advisory, Agustini Hamid menyampaikan, investor menghindari saham-saham yang memiliki banyak resiko pasar seperti resiko politik. Dalam hal ini, gerak PGAS terganggu oleh resiko tersebut.
 
“Saham komoditas seperti PGAS lebih terdampak dari resiko pasar termasuk di dalamnya risiko politik yang tidak bisa investor hindari,” kata Agustini di Jakarta, Selasa (19/12).
 
Risiko politik yang dia maksud, terkait dengan perubahan kebijakan terkait langsung dan tak langsung terhadap pendapatan PGAS dan akan berdampak harga sahamnya.
 
“Misalnya fraud di laporan keuangan PGAS pada tahun lalu yang menurut saya bukan keinginan manajemen tapi lebih penyesuaian terhadap kebijakan pemerintah,” tuturnya.
 
Ia menjelaskan, bisnis usaha PGAS terdiri dari lini bisnis yakni transmisi dan distribusi. Hanya saja kedua bisnis tersebut terkait dengan kebijakan pemerintah. Hal itu akan berpengaruh pada operasional dan laporan keuangannya.
 
“Kalau laporan keuanganya terganggu pasti akan berpengaruh pada sahamnya,” kata dia.
 
Apalagi rencana pemerintah akan mengalihkan saham milik pemerintah ke PT Pertamia, kata dia, akan menambah keraguan bagi investor. Pasalnya, PT Pertamina bukanlah perusahaan tersebut, sehingga laporan keuangan calon induk usaha BUMN energi tersebut sulit didapat oleh investor.
 
“Kita (investor) tidak tahu laporan keuangan Pertamina seperti apa karena mereka bukan perusahaan publik,” pungkasnya.
 
 
 

Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Rosyid

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/makro/3...-tergerus-42-6

---


- Holding Migas Masih Rencana, Saham PGN Telah Tergerus 42,6% Rencana Holding Migas: Saham PGN Terpangkas Rp 4,5 trilyun
Urutan Terlama
lama lama habis


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di