alexa-tracking

Panduan Merancang Anggaran Renovasi Rumah di 2018

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b602c5c77984d428b4568/panduan-merancang-anggaran-renovasi-rumah-di-2018
Panduan Merancang Anggaran Renovasi Rumah di 2018
[img]//s.smart-money.co/2017/12/rebuild-768x526.jpg[/img]

Ada rencana apa di tahun depan? Bila renovasi rumah menjadi salah satunya, tentu kamu perlu mulai menyusun anggarannya. Sebab, renovasi rumah butuh dana yang cukup besar. Agar tidak salah, kamu bisa mengikuti kiat berikut dari Liputan6.com.

Membuat Perencanaan

Salah satu langkah terpenting ketika membuat perencanaan renovasi adalah memilih arsitek. Begitu desain rumah kamu setujui, hitung kebutuhan dana sesuai spesifikasi bangunan dan material yang direncanakan bersama arsitek. Jika tidak ada arsitek, diskusilah dengan tukang bangunan.

Skala Prioritas

Buat pula skala prioritas selama perencanaan desain renovasi, jika prioritasnya menambah kamar dan menggeser kamar mandi, kamu harus mengutamakan dua pekerjaan itu. Jangan tergoda melakukan renovasi bagian rumah yang lain karena bisa membuat anggaran bengkak.

Gunakan Bahan yang Masih Bisa Dimanfaatkan

Selama renovasi, bila ada bahan bangunan lama yang masih bisa dipakai, pakailah. Jadi kamu tak perlu membeli bahan baru bila masih ada bahan lama yang layak. Ini bisa menjadi bentuk penghematan.

Pahami Rincian Biaya Renovasi

Selama renovasi, buat rincian anggaran dengan kontraktor untuk semua rencana pekerjaan. Misal, biaya pembuatan kamar mandi dan kamar tidur. Pastikan bahan dan biaya per meter sesuai. Anggaran yang rinci akan memberi gambaran pekerjaan tukang dan biayanya.

Beli Bahan Bangunan Sendiri

Agar lebih hemat, kamu bisa membeli bahan bangunan sendiri. Cara ini juga membuatmu lebih tenang mengatur biaya renovasi. Jadi, kontraktor hanya memperkirakan biaya dan jenis bahan bangunan. Pastikan pula, kamu membuat perjanjian di awal bahwa kamu yang akan membeli semua bahan.

Jeli Memilih Kontraktor dan Tukang Bangunan

Memilih kontraktor dan tukang merupakan tahap krusial dalam renovasi. Pilih kontraktor yang sudah berpengalaman. Pengalaman bisa dibuktikan dari contoh hasil renovasi rumah yang sudah ia kerjakan. Kemudian, tanyakan juga rekam jejaknya pada klien sebelumnya.

Buat Perjanjian

Jangan lupa buat perjanjian tertulis agar ada ikatan kerja yang jelas. Dalam perjanjian kerja itu, jelaskan lingkup pekerjaan, tanggung jawab, rencana waktu pekerjaan dan biaya.

Minta Garansi Tiga Bulan

Setelah renovasi selesai, kontraktor biasanya memberi garansi tiga bulan. Selama waktu itu, jika pemilik rumah merasa ada keganjilan, kontraktor harus melakukan perbaikan. Misalnya, pemasangan keramik tidak rata, atap rumah masih bocor, salah pasang pipa air, hingga dinding rumah mengelupas.

Sumber : //smart-money.co/finansial/panduan-merancang-anggaran-renovasi-rumah-di-2018