alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Politik Membelah Umat Muslim dan Kristen di Nazaret
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b50c456e6affb6e8b4568/politik-membelah-umat-muslim-dan-kristen-di-nazaret

Politik Membelah Umat Muslim dan Kristen di Nazaret

Meski Nazaret terkenal akan komunitas Kristennya, kota Arab terbesar di Israel ini menjadi rumah bagi kaum Muslim mayoritas. Ketegangan antar agama terus meruncing akibat pemilihan walikota.

Politik Membelah Umat Muslim dan Kristen di Nazaret

Hingga pertengahan tahun lalu, Ramez Jaraisi dan Ali Salam adalah teman dekat. Walikota yang beragama Kristen dan wakilnya yang beragama Muslim itu bermitra dan sukses memimpin kota; perbedaan agama tidak menjadi masalah.

Namun begitu dua lelaki tadi bersaing dalam pemilihan walikota Oktober tahun lalu, segalanya berubah. Dengan hasil pemilihan suara yang tidak terpaut jauh, muncul tudingan adanya kecurangan. Jaksa agung Israel memerintahkan pemilu baru awal bulan Maret, yang kemudian dimenangkan oleh Ali Salam.

Di pasar setempat, para pemilik toko mengatakan rumor dan kampanye kotor saat pemilu mempengaruhi pemasukan. "Penjualan sedikit seret dan atmosfernya tegang," ujar Mohammed, seorang pemilik toko.

Mohammed menambahkan: "Menurut saya agama itu politik - di Nazaret para politisi sengaja menggunakan agama, mereka ingin naik hingga parlemen dengan membuat konflik antara Kristen, Muslim dan bahkan Yahudi. Ini sebenarnya dilarang. Tapi bagaimana lagi cara mereka menang 'perang'?"

Saat negara Israel didirikan tahun 1948, Nazaret adalah kota Kristen kecil. Arus pengungsi Muslim dari desa sekitar mengubah demografi, dan kini komunitas Muslim mencakup lebih dari 70 persen populasi karena angka kelahiran yang tinggi.

Adib Hazzan dari gereja Ortodoks Nazaret mengatakan kotanya selalu memiliki isu terkait agama, namun selama ini lebih di bawah permukaan: "Waktu saya kecil, kita tidak berbicara tentang Muslim atau Kristen. Sekarang kotanya membesar. Beberapa pinggiran kota hanya dihuni Muslim. Remaja mengetahui Kristen melalui sekolah, mereka tidak bertemu dengan penganut Kristen dalam kehidupan sehari-hari."

Belah dan kuasai?

Sebuah undang-undang, yang baru diloloskan pemerintah Israel dan menetapkan bahwa Kristen Israel tidak lagi dianggap 'Arab,' semakin menyulut konflik. Putusan ini diikuti proposal yang mengharuskan umat Kristen ikut wajib militer - hingga kini. Berbeda dengan Muslim di Israel, merupakan pengecualian dari wajib militer yang berlaku bagi warga Yahudi dan kristen begitu memasuki usia 18 tahun.

Mohamed Zeidan, kepala Komisi Arab di Israel, mengkhawatirkan putusan ini akan semakin mengurangi dukungan bagi warga Palestina di Tepi Barat dan menuding pemerintah Israel melancarkan kampanye 'belah dan kuasai': "Pemerintah berusaha menggunakan apa yang terjadi di Suriah, Mesir dan Irak, untuk mengatakan bahwa ada perang melawan Kristen dan berusaha menakut-nakuti warga. Mereka mengatakan, waspada terhadap apa yang diperbuat kaum Muslim kepadamu."

Ujung-ujung ini tampak seperti pertarungan identitas, dan diharapkan label Arab akan melampaui masing-masing keyakinan, kata Zeidan: "Setiap orang punya agama sendiri. Yang satu pergi ke gereja, yang satu lagi ke masjid. Satu-satunya yang terpenting untuk menyatukan kami adalah asal-usul kami. Kami satu rumpun. Kami hidup bersama. Kami berbagi kebudayaan."

http://m.dw.com/id/politik-membelah-umat-muslim-dan-kristen-di-nazaret/a-17536446



Semenjak 2012 ketegangan antara arab kristen dan arab muslim meningkat tajam diwilayah west bank.
hal ini dikarenakan pilihan politik yang berbeda serta dikeluarkannya undang2 kewarganegaraan terbaru israel yang mana arab kristen disejajarkan hak dan kewajibannya dgn yahudi dan druze.

sementara arab muslim masih mendapatkan identitas dgn atribut khusus.
Diubah oleh hebat.part13
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
jejak
pake al maidah ga kampanye nya emoticon-Wakaka
Quote:


kalo disana kurang tahu juga tapi kalo di yurop yg mayoritas kafir tidak pake
emoticon-Bingung
nanti kalo disuruh wamil ngomel2
ga disuruh wamil ngomel2

mending kelaut aja dah, kaya anak kecil kelompok ini.
kerja males maunya pesta di sorga
dikasih marah2
ga dikasih tambah marah2
Quote:


iya misal pemilihan trump am hillary kmrn mrk milih nya gmn tuh
2 2 kapir trs lucunya pindah ke negara kapir yg tdk memungkinkan pny pemilih muslim emoticon-Bingung

ah ah
ga jauh beda ma dimari... jual2 agama bwt ngumpul massa dan ngiklan, ampe ancaman bangke ga disholatin jg bisa keluar...

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga
Diubah oleh burung.kakak.lo
Politik Membelah Umat Muslim dan Kristen di Nazaret

Politik Membelah Umat Muslim dan Kristen di Nazaret


dimana membelahnya, wong dalam islam sudah tegas larangan bersahabat dgn orang kafir emoticon-Cape d...
Dimana-mana memang kaum biadab kalo merasa sudah menang kuantitas ga bisa hidup berdampingan dengan kelompok lain.
Ga heran banyak yang murtad emoticon-Big Grin
Quote:


gw pikir bener israel kan. kalo ngeliat orang sini yang ga mau dippimpin kafir kan? jadi ga salah donk si israel. malah ngakomodir yang muslim disana? wkkwkww
berita luar negeri




TS bego


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di