alexa-tracking

Keamanan Data Kartu Prabayar Dijamin

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b4e6b1854f7e80a8b4573/keamanan-data-kartu-prabayar-dijamin
Keamanan Data Kartu Prabayar Dijamin
Keamanan Data Kartu Prabayar Dijamin

MASYARAKAT tidak perlu khawatir dengan keamanan data dalam re­gistrasi ulang kartu prabayar telepon seluler. Pemerintah menjamin kerahasiaan serta database setiap pelanggan kartu prabayar.



Hal tersebut ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat memberikan keterangan terkait dengan pecapaian akhir tahun Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika di Jakarta, kemarin.



‚Äú(Pemerintah) memberikan jaminan keamanan dan kerahasiaan kepada seluruh warga. Data kependudukan aman tersimpan di Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil,‚ÄĚ kata dia.



Berdasarkan data Ditjen Dukcapil, saat ini terdapat 261 juta penduduk yang memiliki nomor induk kependudukan. Mendagri mengatakan penduduk yang sudah meregistrasi ulang kartu pra­ba­yar sebanyak 110 juta.



Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan pemberlakuan registrasi ulang kartu prabayar ti­dak hanya untuk keamanan publik supaya terhindar dari kejahatan telekomunikasi, tetapi juga untuk membantu menyehatkan industri.



‚ÄúSetiap tahun industri seluler membeli kartu SIM (seluler) lebih dari 500 juta. Padahal pelaksanaan sedikit dari itu, akibatnya terjadi ketidakefisienan dalam manajemen kartu SIM. Kalau kebijakan ini terus berjalan, industri bisa meng¬≠hemat pengeluaran sekitar Rp2 triliun hingga Rp2,5 triliun. Dana itu bisa digunakan untuk pe¬≠nambahan infrastruktur telekomunikasi atau operator,‚ÄĚ papar Menkominfo.



Pemerintah melalui Kementeri­an Komunikasi dan Informatika telah memberlakukan registrasi ulang bagi para pengguna kartu prabayar telepon seluler. Registrasi ulang kartu dapat dilakukan hingga 28 Februari 2018 kepada operator pe­nyedia layanan.



Setelah masa itu, secara berta­hap operator akan memblokir no­mor pelanggan yang tidak diregis­trasi ulang.



Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Ahmad M Ramli menjelaskan 30 hari setelah batas waktu pemblokiran, pemilik kartu prabayar yang belum melakukan registrasi ulang masih dapat menggunakan layanan walaupun terbatas. (Ind/H-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...min/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Keamanan Data Kartu Prabayar Dijamin Crowd Funding Sasar Generasi Milenial untuk Viralkan R80

- Keamanan Data Kartu Prabayar Dijamin Permohonan PT RAPP Ditolak Majelis Hakim PTUN

- Keamanan Data Kartu Prabayar Dijamin Anak Indonesia Butuh Kepedulian Kesejahteraan