alexa-tracking

Survei LKPI: Di Kabupaten Muara Enim Herman Deru Menang Telak

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b4de6d675d4de178b4568/survei-lkpi-di-kabupaten-muara-enim-herman-deru-menang-telak
Survei LKPI: Di Kabupaten Muara Enim Herman Deru Menang Telak
Survei LKPI: Di Kabupaten Muara Enim Herman Deru Menang Telak



Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI), Arianto ST MT MSc merilis hasil surveinya bahwa pasangan calon Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru SH MM-Ir H Mawardi Yahya (HD-MY) berpotensi raih suara terbanyak di Kabupaten Muaraenim pada Pilkada Sumsel 2018 mendatang.

Menurut Arianto, meski LKPI hanya baru satu kabupaten di Kabupaten Muaraenim saja namun terbilang cukup banyak melibatkan 420 responden di Muaraenim ini.

"Dari hasil survei LKPI, kenapa survei Deru-Mawardi ini cukup tinggi karena dia memaksimalkan alat peraga lebih dominan dibandingkan calon lainnya.

Alasan lainnya statement Herman Deru yang berjanji akan mengatasi dengan menerapkan penutupan terhadap truk batubara kalau dia jadi gubernur.

Karena ini menjadi momok masyarakat Muaraenim," ungkap Arianto, Rabu (20/12/2017).

LKPI melakukan survei di Kabupaten Muarenim pada tanggal 10-17 Desember 2017 dengan membuat simulasi pasangan calon gubernur ini ada empat paslon.

Hasilnya, tingkat elektabilitas paslon Herman Deru-Mawardi Yahya (HD-MY) 40,6 persen, Ishak Mekki-Eddy Santana Putra (12,5 persen), Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramnada NK (6,3 persen) dan Saifudin Aswari Rivai (5,9 persen), massa mengambang (34,7 persen).

"Ini baru yang di Muaraenim. Untuk survei Pilgub seluruh kabupaten/kota se-Sumsel masih belum selesai. Akan kita rilis seminggu lagi,” terang pria yang biasa disapa dengan nama Iyan.

Tingginya elektabilitas HD-MY dari survei yang telah dilakukan tiga kali di kabupaten Muaraenim ini lanjut lembaga yang tergabung dalam Perhimpunan Survei Opini Publik Indonesia (PERSEPI) ini tidak lepas dari gencarnya sosialisasi yang dilakukan oleh HD-MY.

Dilihat dari parameter yang didapat untuk alat sosialisasi, HD-MY unggul telak dibandingkan calon calon lainnya.

Sosialisasi melalui spanduk, baleho dan stiker yang tersebar sampai ke pelosok desa-desa yang dilakukan tim HD-MY membuat masyarakat Kabupaten Serasan Sekundang lebih banyak mengenal paslon ini ketimbang calon lainnya.

“Indikator sosialisasi yang salah satunya dari spanduk, baliho, stiker dan tatap muka juga kita dapatkan dari data lapangan bahwa, paslon HD-MY sangat dominan di Muaraenim, utamanya di desa.

Masyarakat Muaraenim 30,8 persen mengenal HD-MY dari spanduk, baleho, stiker.

Namun, calon-calon lainnya masih berada di bawah 10 persen. Apalagi nanti, aturan untuk alat sosialisasi ini sudah akan diatur KPUD.
Jelas di sini terlihat bahwa calon lainnya sudah tertinggal dalam hal alat sosialisasi dari HD-MY,” terang alumni SMPN 7 Palembang.
Dari survei pertama yang dilakukan pada bulan Mei 2017, secara person, Herman Deru unggul dari calon lainnya yakni diangka 20,3 persen, sementara yang lain masih berada di bawah 5 persen.

Survei kedua di bulan Agustus 2017, secara person juga Herman Deru masih unggul dibandingkan calon-calon gub ernur lainnya, yakni 29,4 persen, sementara calon lainnya berkisar di angka 5 persen - 10 persen.

Survei terakhir pada bulan Desember 2017 dengan menggunakan simulasi pasangan dan nama Syahrial Oesman tidak diikutkan di dalam survei juga didapatkan elektabilitas Herman Deru-Mawardi Yahya masih berada di posisi teratas.

"Pengalaman survei perilaku politik yang biasanya LKPI lakukan, adanya trend elektoral yang positif bagi pasangan HD-MY.
Kenaikkan ini juga cukup signifikan dibandingkan calon-calon lainnya.

Kalau dilihat dari trend elektabilitas paslon HD-MY ini dan tidak ada kejadian yang luar biasa, HD-MY bisa menang telak di Kabupaten Muaraenim,” jelas Iyan.

Survei di Kabupaten Muaraenim ini melibatkan 420 responden atau 42 desa atau kelurahan yang tersebar di seluruh kecamatan.
Metode yang digunakan adalah Multistage random sampling dengan marjin of error +/- 5 persen.

Metode pengumpulan data dengan wawancara tatap muka yang melibatkan mahasiswa dari Kota Palembang.

Sumber: http://palembang.tribunnews.com/2017...-lkpi?page=all
×