alexa-tracking

BEI Luncurkan 3 Indeks Saham Baru Berkapitalisasi Kecil

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b44fac1d770d3748b4578/bei-luncurkan-3-indeks-saham-baru-berkapitalisasi-kecil
BEI Luncurkan 3 Indeks Saham Baru Berkapitalisasi Kecil
BEI Luncurkan 3 Indeks Saham Baru Berkapitalisasi Kecil

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Syahrizal Sidik 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA — Bursa Efek Indonesia (BEI) meluncurkan 3 indeks saham baru sebagai alternatif acuan bagi para investor dan pengelola dana dalam berinvestasi di pasar modal.

Ketiga indeks saham tersebut adalah Indeks IDX Small-Mid Cap (IDX SMC) Composite, IDX SMC Liquid, dan Indeks PEFINDO i-Grade. 

Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat mengatakan dua indeks ini merupakan indeks atas harga saham berkapitalisasi pasar kecil dan menengah.

Konstituen Indeks IDX SMC Composite merupakan saham-saham yang memiliki kapitalisasi pasar antara Rp 1 triliun hingga Rp 50 triliun.

Sedangkan konstituen Indeks IDX SMC Liquid dipilih dari saham-saham Indeks IDX SMC Composite yang memenuhi kriteria-kriteria likuiditas yang dilihat dari nilai transaksi, kapitalisasi pasar atas saham free float, dan harga saham. 

“Banyaknya permintaan indeks dari small mid cap baik yang composite dan juga likuid. Peluncuran indeks ini adalah satu langkah untuk memfasilitasi,” ungkap Samsul di Gedung BEI, Sudirman, Jakarta, Kamis (21/12/2017). 

Baca: Obrolan Iwan Fals dengan Sopir Truk, Pasang Foto Bang Iwan, Saya Merasa Aman di Jalan, Bang

Baca: Sejak Menjanda, Wanita Asal Jember Ini Jadi Sopir Truk Cabe untuk Hidupi Anak-anaknya

Sementara itu, Direktur Utama PEFINDO Salyadi Saputra mengatakan Indeks PEFINDO i-Grade merupakan indeks saham yang terdiri atas saham-saham pilihan dari 30 Perusahaan Tercatat yang mendapatkan peringkat Investment Grade dari PEFINDO.

Indeks PEFINDO i-Grade merupakan hasil kerja sama antara BEI dengan PEFINDO.

“Indeks PEFINDO i-Grade dipilih dari saham perusahaan-perusahaan tercatat yang mendapatkan peringkat Investment Grade atau peringkat idAAA sampai dengan idBBB- dari PEFINDO,” kata Salyadi. 

Selanjutnya Indeks PEFINDO i-Grade dipilih 30 saham menggunakan kriteria likuiditas dan ukuran kapitalisasi pasar.

Selain itu pemilihan saham-saham yang menjadi konstituen indeks PEFINDO i-Grade juga memerhatikan kriteria kepatuhan dan indikasi manipulasi perdagangan yang dilihat dari jumlah sanksi suspensi perdagangan dan indikator Unusual Market Activity (UMA) di BEI.

Sebagai informasi, Pada periode 21 Desember 2017 hingga Januari 2018 akan ada 313 emiten yang terdaftar dalam indeks IDX SMC Composite dan 50 saham yang masuk dalam daftar indeks IDX SMC Liquid. Hari ini, indeks SMC Composite dibuka di angka 249, sementara indeks IDX SMC Liquid dibuka di angka 320.


Sumber : http://www.tribunnews.com/bisnis/201...talisasi-kecil

---

Baca Juga :

- Indeks Saham Gabungan Langsung Melonjak di Pembukaan Perdagangan Pagi Ini

- Penutupan Sore Tadi, IHSG Melejit Lagi Tembus Rekor 6.167,67

- Campina Bidik Penjualan Tembus Rp 1 Triliun di Tahun Depan

jangan luncurkan rudal ya