alexa-tracking

Langganan Kena Banjir, 2 Kecamatan Butuh Solusi Cepat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b3ff6d44f9f02458b4575/langganan-kena-banjir-2-kecamatan-butuh-solusi-cepat
Langganan Kena Banjir, 2 Kecamatan Butuh Solusi Cepat
Langganan Kena Banjir, 2 Kecamatan Butuh Solusi Cepat

BANJIR langganan yang melanda dua wilayah di Kota Bekasi, Kecamatan Rawa Lumbu, dan Kecamatan Bekasi Selatan, hingga kini belum bisa teratasi. Dengan curah hujan berintensitas sedang dalam kurun waktu 15 menit, dua wilayah tersebut sudah tergenang air.



Adi Prayogo, warga di Perumahan Pondok Hijau Permai, mengatakan hingga saat ini belum ada solusi konkret untuk mengatasi banjir di perumahannya. Pada Minggu (16/12), genangan air mencapai 50 sentimeter. “Tiga tahun belakangan ini jadi sering banjir, kali cepat meluap,” kata dia.



Menurut dia, setiap hujan deras lebih dari 30 menit, jalan raya di depan rumahnya nyaris tak bisa dilalui kendaraan. Warga pun tidak bisa beraktivitas karena terjebak banjir. “Katanya, dengan kolam retensi di perumahan Pondok Hijau Permai sudah tidak banjir, tapi buktinya masih saja banjir,” kata Adi.



Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bekasi Dicky Irawan menyampaikan kolam retensi di Kelurahan Pengasinan seluas 1 hektare dengan kedalaman mencapai 5 meter itu memang bukan solusi utama. “Kolam retensi hanya meminimalisasi sebagai parkir air sementara. Saluran crossing dibuat untuk membantu mengaliri air menuju hulu,” kata dia.



Untuk mengatasi banjir, pihaknya sedang mengupayakan pembuatan salur­an crossing di bawah tol Kilometer 16 Bekasi Timur dan Kilometer 12 Bekasi Barat. Dua proyek tersebut mendapatkan alokasi anggaran sekitar Rp50 miliar. “Sekarang pengerjaan baru sebatas pemasangan box culvert,” imbuhnya.



Pihaknya pun tengah mengerjakan saluran crossing di Bekasi Barat hingga Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK) dengan anggaran sekitar Rp20 miliar. “Baru pasang box culvert di bawah Kali Malang. Menurut rencana, tahun depan itu akan ditambah hingga Rp10 miliar.”



Menurut Dicky, butuh anggaran lebih besar untuk banjir, salah satunya di Perumahan Pondok Hijau Permai dan Perumahan Taman Narogong, Rawalumbu, yang langganan terkena banjir. Perlu anggaran sekitar Rp50 miliar untuk setiap proyek saluran crossing tol dan Kalimalang.



Saluran itu diperlukan untuk meng­alirkan genangan dari Rawalumbu maupun Bekasi Selatan karena saluran lama dinilai tidak mampu lagi menampung. Gan/J-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...pat/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Langganan Kena Banjir, 2 Kecamatan Butuh Solusi Cepat Studi: Teh Hangat Bantu Kurangi Risiko Glaukoma

- Langganan Kena Banjir, 2 Kecamatan Butuh Solusi Cepat Pemerintah Daerah Gelar Safari dan Mudik Gratis

- Langganan Kena Banjir, 2 Kecamatan Butuh Solusi Cepat WNI di Beijing dan Meksiko Rayakan Natal Lebih Awal