alexa-tracking

Pemerintah akan Beri Izin Masuk Universitas Asing di Indonesia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b3b85de2cf2ec398b456d/pemerintah-akan-beri-izin-masuk-universitas-asing-di-indonesia
Pemerintah akan Beri Izin Masuk Universitas Asing di Indonesia
Quote:Pemerintah akan Beri Izin Masuk Universitas Asing di Indonesia
Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) (Foto: Muhammad Taufiqqurahman/detikcom)


Jakarta - Pemerintah berencana membuka izin masuk perguruan tinggi asing di Indonesia. Hal ini agar dunia pendidikan Indonesia dapat mendapatkan standar-standar baru dan juga keterbukaan ilmu.

"Dalam kesempatan itu pula, kita sekarang merencanakan untuk membuka universitas asing di Indonesia. Kenapa? Seperti saya katakan tadi, kita kirim ribuan anak dengan biaya apa pun di dunia pada dewasa ini. Tapi mana lebih baik kita mengizinkan pendirian universitas yang bersifat internasional di Indonesia. Tentu kita memilih dua-duanya," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dalam sambutannya pada Simposium Cendekia Kelas Dunia di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/12/2017).

JK mengatakan rencana ini akan segera direalisasikan pemerintah. Diharapkan dunia pendidikan Indonesia mendapatkan standar-standar baru dalam pendidkan, serta mendapatkan ilmu yang baru.

Menurutnya, rencana ini juga membutuhkan keterbukaan dan kerja sama semua pihak. Namun, perguruan tinggi asing yang masuk Indonesia nantinya harus bekerja sama dengan perguruan tinggi dalam negeri.

"Tidak perlu kita mencurigai, karena kalau kita mencurigai adanya perguruan tinggi asing di Indonesia berarti kita tidak perlu mengirim anak-anak belajar ke luar negeri. Padahal kita juga justru membuat trust fund untuk mengirim anak-anak kita belajar di universitas terbesar di dunia ini," terangnya.

"Itulah mengapa kita membuka kesempatan itu segera agar keterbukaan ilmu dan universal itu dapat kita capai sehingga kita mempunyai diaspora yang cukup besar ilmu dalam negeri," sambungnya.

Kata JK, pendidikan adalah tonggak utama untuk memajukan Indonesia. Bahkan APBN tiap tahunnya mengalokasikan dana sebesar 20 persen untuk pendidikan dan juga pemberian beasiswa bagi anak-anak Indonesia.

"Ilmu bersifat dinamis dan universial tidak ada batas-batas sekat, ilmu itu harus dicari dan dimanfaatkan. Apalagi, pendidikan yang cepat berkembangnya karena teknologi, maka semuanya serba cepat. Perdagangan cepat karena e-commerce, ilmu, dan teknologi dengan mudah. Karena itulah maka kita ingin mencapai apa yang lebih baik dari sebelumnya," terangnya.

Pada kesempatan itu, JK menyinggung peringkat universitas Indonesia yang masih dalam urutan 300 dunia. Peringkat ini kalah dibanding negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

"Karena itulah kita membutuhkan pengalaman-pengalaman Anda (cendikia) semua bagaimana memembuat standar-standar baru, bagaimana membikin benchmarking baru dalam pendidikan kita di dunia ini. Supaya kita bukan hanya menjadi konsumen ilmu tapi kita pemberi ilmu pada dunia. Itulah cita-cita kita semua," kata JK.
(tfq/jbr)

https://news.detik.com/berita/d-3779...274.1499954577


d tunggu Harpad masuk indonesia.. emoticon-Cool
tar si wowo mencak2 loh
tiap pidato selalu ribut indonesia dijajah asing emoticon-Big Grin

Gpp asal biaya ga mahal
Supaya nasbung bisa pinteran dikit
Ga usah Lebay. EDari 2010an udah sering dibahas
emoticon-Traveller
Pastinya bukan buat panastaik

Karena survei membuktikan sebagian besar panastaik hanya tamatan SD

emoticon-Wkwkwk
Quote:Original Posted By rajamomon
Gpp asal biaya ga mahal
Supaya nasbung bisa pinteran dikit


emg nasbung bisa kuliah mbah? o iya lupa kan alumni univ 212 emoticon-Embarrassment
Ntr ada universitas dari saudi arabia nastaik mencak2
hore bakalan ada harvard oxford stanford cambridge ma MIT emoticon-Ultah
Paling yang buka cabang Monash University, Adelaide University, atau Univ dengan skema modern sekuler, yg konservatif religius macam Ivy league ga bakal buka cabang di Indo, paling penerbitnya aja macem cambridge uni press
Kalau kepentingannya bisnis gak akan pernah bukalah univ. Asing disini emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By victimofgip.414
Pastinya bukan buat panastaik

Karena survei membuktikan sebagian besar panastaik hanya tamatan SD

emoticon-Wkwkwk



This!
emoticon-Wkwkwk
Bagus tuh, ijazah dari luar negeri dengan biaya hidup murah saat kuliah.

Kalau ditanya orang "lulusan kampus mana?", jawabnya "lulusan kampus di Australia", padahal kuliahnya di Jakarta.
Quote:Original Posted By wen12691
emg nasbung bisa kuliah mbah? o iya lupa kan alumni univ 212 emoticon-Embarrassment


ane bukan mbah
mau ane lempar ente ke kaum zombi?
×