alexa-tracking

Andi Narogong Berharap Vonis Ringan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b35fd642eb6e4498b456a/andi-narogong-berharap-vonis-ringan
Andi Narogong Berharap Vonis Ringan
Andi Narogong Berharap Vonis Ringan

Jakarta: Terdakwa kasus dugaan korupsi KTP elektronik (KTP-el) Andi Agustinus alias Andi Narogong berharap divonis ringan. Pembacaan vonis dijadwalkan berlangsung hari ini.


'Kami berharap putusan yang adil untuk Andi. Konkretnya adalah putusan yang lebih ringan dari tuntutan penuntut umum KPK, terutama pidana pokoknya (penjara maupun dendanya) lebih ringan,' ucap kuasa hukum Andi Narogong, Samsul Huda, saat dikonfirmasi, Kamis, 21 Desember 2017.


Samsul menuturkan kliennya berhak mendapat vonis ringan lantaran sikap kooperatif selama menjalani persidangan. Andi juga telah diberikan status pelaku yang bekerja sama (justice collaborator) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 


Sementara soal pidana uang pengganti atau pengembalian uang yang diterima dari proyek KTP-el, pihak Andi tak keberatan bila diputus sama dengan tuntutan. Hal itu lantaran Andi sudah berkomitmen akan mengembalikan uang tersebut ke negara via KPK.


(Baca juga: Andi Narogong: Saya Lama-Lama Dibuat Seperti Sampah)


Meski begitu, Andi berharap aset maupun rekening yang disita oleh KPK bisa dikembalikan. Hal ini untuk memudahkan Andi mengembalikan uang pengganti ke negara.


Sebelumnya, jaksa menuntut Andi Narogong delapan tahun penjara. Ia juga diwajibkan membayar denda sebesar Rp1 miliar subsider 6 bulan kurungan penjara.


Andi juga dituntut membayar ganti rugi sebesar USD2,150 juta dan Rp1,186 miliar. Dari jumlah tersebut, kata jaksa, Andi telah mengembalikan uang sebesar USD350 ribu ke KPK.


Dalam perkara ini Andi dinilai terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan korupsi secara bersama-sama dalam proyek pengadaan KTP elektronik. Atas perbuatannya, Andi dijerat Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.


(Baca juga: Andi Narogong Akui Adik Gamawan Terima Ruko dari Proyek KTP-el)



 

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/dN...p-vonis-ringan

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Andi Narogong Berharap Vonis Ringan Jaksa KPK Bantah Tudingan Kubu Novanto

- Andi Narogong Berharap Vonis Ringan Bongkar Skandal Korupsi KTP-el

- Andi Narogong Berharap Vonis Ringan Kubu Novanto Minta Penjelasan Hilangnya Nama Sejumlah Politikus