alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Kubu Novanto Nilai Tim Jaksa Salah Membuat Dakwaan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b32f196bde67f488b456f/kubu-novanto-nilai-tim-jaksa-salah-membuat-dakwaan

Kubu Novanto Nilai Tim Jaksa Salah Membuat Dakwaan

Kubu Novanto Nilai Tim Jaksa Salah Membuat Dakwaan

MANTAN Ketua DPR Setya Novanto lewat penasihat hukumnya menyatakan surat dakwaan yang disusun jaksa cacat dari segi formalitas. Hal yang paling disoroti ialah perbedaan surat dakwaan miliknya dengan Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus.



"Yang kami persoalkan ialah formal dari surat dakwaan, ada di perkara yang lain, tidak ada di perkara yang lain, hilang di perkara lain," ucap kuasa hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail, di Pengadilan Tipikor Jakarta, kemarin.



Perbedaan itu dinilai melanggar Pasal 142 KUHAP yang mensyaratkan kesamaan perbuatan bersama-sama (deelneming), kesamaan tempus delicti (waktu kejadian perkara), serta kesamaan locus delicti (tempat kejadian perkara).



Unsur perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang juga dinilai tidak sama. Tidak ada kesamaan penerima yang diperkaya atau orang yang diuntungkan yang mengakibatkan adanya perbedaan kerugian keuangan negara dalam surat dakwaan splitsing (pemecahan berkas perkara).



"Berulang kali saya katakan kalau surat dakwaan disusun secara bersama-sama, seharusnya seluruh isi surat dakwaan itu sama, tidak boleh ada perbedaan termasuk titik komanya," terang Maqdir. Dalam materi eksepsi, disebutkan ketidakkonsistenan dan selisih nilai yang diterima para penerima aliran dana korupsi KTP elektronik (KTP-E).



Jika dijumlahkan dalam rupiah, penerimaan uang di dakwaan Irman dan Sugiharto mencapai Rp1.327.110.641.420,36, dalam dakwaan Andi Agustinus mencapai Rp1.177.358.516.509, dan Rp1.303.916.734.509 dalam dakwaan Setya Novanto.



Dalam dakwaan Irman dan Sugiharto, tempus delicti antara November 2009-Mei 2015. Dalam dakwaan Andi Agustinus, antara November 2009-Mei 2015. Dalam dakwaan Novanto, antara November 2009-Desember 2013.



Jaksa Abdul Basir menyatakan siap menjawab semua eksepsi dalam persidangan yang dijadwalkan pada 28 Desember mendatang. "Kita sudah siapkan jawaban semua karena pada dasarnya prediksi keberatan terdakwa kira-kira begitu," terang Basir.



Juru bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi secara terpisah menyatakan dakwaan Novanto tentulah berbeda dengan dengan Irman, Sugiharto, dan Andi Agustinus. "Tentu berbeda."


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...aan/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kubu Novanto Nilai Tim Jaksa Salah Membuat Dakwaan Kemendagri Coret Pelesiran DPRD Banten

- Kubu Novanto Nilai Tim Jaksa Salah Membuat Dakwaan Keterlaluan, Jenazah pun Dipungli

- Kubu Novanto Nilai Tim Jaksa Salah Membuat Dakwaan Pemprov-BPPT Olah Sampah Jadi Listrik



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di