alexa-tracking

Anies Luncurkan Kartu Jakarta Lansia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b305d925233cb2a8b4568/anies-luncurkan-kartu-jakarta-lansia
Anies Luncurkan Kartu Jakarta Lansia
image-url-apps
Anies Luncurkan Kartu Jakarta Lansia

Jakarta: Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi meluncurkan Kartu Jakarta Lansia (KJL). Program ini adalah salah satu janji kampanye Anies. 


Peluncuran KJL bertepatan dengan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) DKI Jakarta 2017. Acara digelar di Silang Monas, Jakarta Pusat. 


'Hari ini berkumpul lansia. Hari ini kita luncurkan Kartu Lansia Jakarta. Jumlah yang sekarang diberikan adalah sifatnya membantu. Kita menginginkan orang tua kita diakhir merasakan kebahagian,' kata Anies, Kamis, 21 Desember 2017.


Dalam peluncuran ini, jumlah KJL yang diserahkan sebanyak 14.520. Masing-masing individu lansia akan mendapatkan Rp600 ribu per bulannya dan akan disalurkan secara nontunai melalui rekening Bank DKI.


'Jadi hari ini kita meluncurkan Kartu Lansia Jakarta yang ini merupakan salah satu program prioritas kita di bulan-bulan pertama,' ujar dia.


Data penerima KJL berdasarkan basis data terpadu (BEST) desil 1. Data ini adalah data untuk perlindungan sosial. Desil 1 adalah rumah tangga dalam kelompok 10 persen terendah.


Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memerintahkan kepada wali kota, camat, dan lurah agar detail mendata para lansia. Dia ingin tak ada lansia di DKI yang terlewatkan tidak mendapatkan KJL. 


Selain itu, ia mengundang seluruh masyarakat yang mengetahui ada lansia yang membutuhkan bantuan untuk melaporkan ke kelurahan terdekat atau kecamatan. Dengan begitu, temuan itu bisa segera ditindaklanjuti.


Baca: Anies Heran Ahok-Djarot Baru Wacanakan KJL Sekarang


'Mudah-mudahan para orang tua kita yang mendapatkan bantuan ini bisa memanfaatkan dengan baik,' ucap Anies. 


Di kesempatan itu, secara simbolik Anies menyerahkan bantuan kepada warga Jakarta yang membutuhkan. Bantuan itu berupa kursi roda, tongkat, alat bantu dengar, kacamata baca, kaki palsu, dan alat tulis.


Sementara itu, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Masrokhan mengatakan KLJ akan mulai dicairkan sekitar Januari 2018 menggunakan APBD DKI Jakarta tahun anggaran 2018. 'Bisa diambil di Bank DKI langsung atau di ATM,' imbuh dia.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/4K...jakarta-lansia

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Anies Luncurkan Kartu Jakarta Lansia Lansia Serap Dana BPJS Kesehatan Terbesar

- Anies Luncurkan Kartu Jakarta Lansia Masyarakat Diminta Aktif Ciptakan Lingkungan Ramah Lansia

- Anies Luncurkan Kartu Jakarta Lansia Lansia di Indonesia Capai 20 Juta Jiwa