alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Kredit Tunda Tebang Selamatkan Pohon
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b244a582b2ed2258b4578/kredit-tunda-tebang-selamatkan-pohon

Kredit Tunda Tebang Selamatkan Pohon

Kredit Tunda Tebang Selamatkan Pohon

LAYANAN kredit tunda tebang (KTT) yang dikelola Badan Layanan Umum (BLU) Pusat Pembiayaan Pembangunan Hutan (P2H) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) dinilai tepat sasaran.



Itu memberikan banyak manfaat bagi petani sekaligus menyelamatkan nilai kayu yang diagunkan.



"Berdasarkan hasil kajian kami, KTT efektif dan tepat sasaran. Kredit tersebut dapat menyelesaikan masalah mereka," kata anggota Tim Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) Harianto yang melakukan kajian program tersebut, kemarin.



Para petani penerima kredit, ujarnya, menggunakan dana itu untuk mengembangkan usaha di luar kehutanan yang mencakup 45 jenis usaha yang diusulkan.



Secara finansial, jumlah pinjaman yang dikucurkan telah menghasilkan 11 kali lipat dari sisi nilai usaha dan keuntungan.



"KTT itu bentuk kredit paling unik. Pohon yang masih berdiri bisa diagunkan. Tidak ada di mana pun di dunia pohon bisa diagunkan," kata dia, kemarin.



Selain itu, pengembalian pinjaman bisa dilakukan tiga tahun kemudian. Berbeda dengan kredit bank yang bulan berikutnya setelah menerima pinjaman harus segera membayar cicilan.



Ia menyebutkan pada 2017 KTT telah disalurkan kepada 9.610 debitur di 10 provinsi, yakni Aceh, NTB, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, DIY, Banten, Bali, dan Sulawesi Tenggara.



Hasil evaluasi juga menunjukkan KTT telah menyelamatkan nilai lebih kayu yang diagunkan.



Untuk kredit dengan tenor lima tahun, nilai lebih yang terselamatkan dari penyaluran pinjaman sebesar Rp1 miliar ialah Rp390 juta.



"Artinya saat pohon ditebang lima tahun kemudian, nilai lebih kayu itu sebesar Rp390 juta," kata anggota Tim Fakultas Kehutanan IPB lainnya, Sudarsono Soedomo.



Untuk kredit dengan tenor delapan tahun, dari penyaluran kredit sebesar Rp3,1 miliar, nilai yang terselamatkan mencapai Rp2,75 miliar.



Dari sisi lingkungan, tambahnya, pohon yang penebangannya ditunda karena diagunkan untuk KTT telah berkontribusi menyerap karbon sebesar 371 ribu ton.



KTT berhasil menunda penebangan 2.064.323 pohon. Jenis pohon yang penebangannya ditunda antara lain Textona grandis, Albizia falcataria, Swietenia mahogani, dan Gmelina arborea.



KTT ialah pinjaman yang diberikan ke petani yang punya pohon belum cukup umur untuk ditebang. (Yan/H-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...hon/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kredit Tunda Tebang Selamatkan Pohon DPR Didesak Rampungkan RUU KUHP

- Kredit Tunda Tebang Selamatkan Pohon AISA Lepas Bisnis Beras Rp3 Triliun

- Kredit Tunda Tebang Selamatkan Pohon Bursa Beri Peluang Kredit Properti

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di