alexa-tracking

Gelar SLICE, LIA Dorong Generasi Muda Jadi Masyarakat Global

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b242c14088daa088b4576/gelar-slice-lia-dorong-generasi-muda-jadi-masyarakat-global
Gelar SLICE, LIA Dorong Generasi Muda Jadi Masyarakat Global
Gelar SLICE, LIA Dorong Generasi Muda Jadi Masyarakat Global

LEMBAGA pendidikan Bahasa Inggris LIA, tahun ini untuk kali kedua bekerja sama dengan pemerintah Kota Semarang dan Kementerian Pariwisata RI menyelenggarakan kompetisi bahasa international yaitu Semarang LIA International Competition & Exhibition (SLICE). Kompetisi itu digelar di Grand Maerakaca, Semarang, Minggu (17/12).



Dengan mengangkat tema 'The Wonders of Indonesia', SLICE tahun ini diikuti oleh kurang lebih 500 pelajar dari mulai tingkat SD hingga SMA maupun umum dari seluruh Indonesia. Ada pula peserta dari negara lain seperti Jepang, Korea, Tiongkok dan Ukraina.



Rangkaian kegiatan kompetisi terdiri dari Show & Tell, Story Telling, Pecha Kucha, Quick & Smart, Kompetisi Bahasa Indonesia oleh siswa BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing), Debate Exhibition, dan International Festival.



LIA memilih Kota Semarang sebagai tempat dilaksanakannya kompetisi tersebut karena Semarang adalah kota yang kreatif, mengedepankan pendidikan, serta penuh potensi bagi generasi mudanya. Diharapkan kompetisi itu akan memacu motivasi generasi muda untuk memperkuat keterampilan berkomunikasi global sekaligus mengharumkan nama baik bangsa dan negara.



Tak hanya itu, Semarang memiliki daya tarik yang kuat dan kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata buatan.



Salah satu hal menarik dalam kegiatan ini ialah keikutsertaan siswa BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) dalam kompetisi Bahasa Indonesia. Dalam lomba itu, para siswa BIPA yang merupakan siswa dari Jepang, Korea, Tiongkok, dan Ukraina mempresentasikan salah satu tujuan wisata di Indonesia dengan menggunakan Bahasa Indonesia.



Hal tersebut, menurut siaran pers LIA yang diterima Kamis (20/12), merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan fungsi Bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional. Upaya itu kini memang sedang digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program BIPA.



Secara umum, penyelenggaraan kompetisi SLICE ini diharapkan dapat membuka peluang yang besar bagi generasi muda khususnya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa internasional sehingga dapat bersaing dan menjadi masyarakat global.



"Dengan begitu mereka bisa berkontribusi sebagai duta bangsa yang mengharumkan nama bangsa dan negara sekaligus memperkenalkan kekayaan dan keanekaragaman wisata yang dimiliki Indonesia." (RO/X-12)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...bal/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Gelar SLICE, LIA Dorong Generasi Muda Jadi Masyarakat Global DPR Didesak Rampungkan RUU KUHP

- Gelar SLICE, LIA Dorong Generasi Muda Jadi Masyarakat Global AISA Lepas Bisnis Beras Rp3 Triliun

- Gelar SLICE, LIA Dorong Generasi Muda Jadi Masyarakat Global Bursa Beri Peluang Kredit Properti