alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Perkuat Semangat Gotong Royong
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3b162c529a45ee648b4576/perkuat-semangat-gotong-royong

Perkuat Semangat Gotong Royong

Perkuat Semangat Gotong Royong

MEMBANGUN Indonesia membutuhkan kerja bersama, gotong royong dari seluruh elemen bangsa. Gotong royong juga diperlukan untuk menjaga persatuan bangsa di tengah kebinekaan.



Hal itu ditegaskan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani dalam sambutannya sekaligus mewakili Presiden RI pada puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2017 di Surabaya, Jawa Timur, kemarin.



Peringatan HKSN tahun ini mengusung tema Kesetiakawanan Sosial Nasional Perekat Keberagaman. Puan menjelaskan tema itu punya makna mendalam, yaitu memperteguh gotong royong di dalam tatanan kehidupan masyarakat Indonesia dan membangun komitmen di dalam menjaga kebinekaan agar tetap bersatu.



Ia memaparkan peristiwa bersejarah 20 Desember 1948 yang ditandai dengan bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mempertahankan kedaulatan negara, setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki ibu kota negara Yogyakarta.



Saat itu, seluruh lapisan masyarakat dan kekuatan bangsa bahu-membahu, tua muda, laki-laki, perempuan, baik dari kalangan petani, pedagang, pelajar, pegawai, maupun seluruh komponen anak bangsa bergabung dan membentuk mata rantai perjuangan.



Mulai saat itu pula rasa kesetiakawanan sosial di antara sesama bangsa dikukuhkan dalam peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial.



"Dalam konteks kekinian, semangat juang lahirnya HKSN diperlihatkan dalam kebersamaan, kepedulian, dan kerja bersama dalam membangun Indonesia."



Ia menegaskan membangun Indonesia tidak bisa dilakukan pemerintah saja, tapi perlu sinergi dan gotong royong semua pihak.



BPJS Ketenagakerjaan



Pada kesempatan itu, Puan juga menyerahkan bantuan simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada total penerima 4.100 pekerja sosial.



Mereka terdiri dari 243 tenaga kerja sosial kecamatan (TKSK), 969 Taruna Siaga Bencana (Tagana), dan 2.888 keluarga penerima manfaat (KPM) bantuan sosial yang didaftarkan selama tiga bulan oleh perusahaan-perusahaan dengan menggunakan dana CSR melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan.



"Penyerahan kartu ini semakin membuktikan hadirnya negara untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui BPJS Ketenagakerjaan termasuk pekerja sosial," kata Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan E Ilyas Lubis seusai acara.



Selama Puncak HKSN, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pameran HKSN 2017. Pengunjung bisa mendapatkan informasi dan edukasi tentang semua produk BPJS Ketenagakerjaan seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKm).



"Diharapkan, sosialisasi ini berdampak pada kesadaran pekerja akan pentingnya jaminan sosial buat mereka," ujarnya. (Ind/H-3)






Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...ong/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Perkuat Semangat Gotong Royong PT RAPP Dinilai Delegitimasikan PP Gambut

- Perkuat Semangat Gotong Royong Ajak Ibu-Ibu Berdaya Diri, bukan Ngerumpi

- Perkuat Semangat Gotong Royong Dulu Minder, Sekarang Jadi Kader

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di