alexa-tracking

Ekonomi Tiongkok bakal Melambat

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3af945d44f9fe8428b457b/ekonomi-tiongkok-bakal-melambat
Ekonomi Tiongkok bakal Melambat
Ekonomi Tiongkok bakal Melambat

LEMBAGA kajian Chinese Academy of Social Sciences (CASS) memperkirakan perekonomian Tiong­kok akan menunjukkan perbaikan hingga akhir 2017, tetapi sedikit melambat pada 2018. Nilai investasi pemerintah akan berkurang karena para pe­mimpin negeri itu bakal meng­alibrasi ulang dinami­ka pertumbuhan ekonomi nasional. CASS mengungkapkan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu bertumbuh sebesar 6,8% pada 2017 dan turun sedikit ke 6,7% pada tahun depan. Perkiraan itu dirilis saat pa­ra pemimpin Tiongkok me­ngadakan sebuah pertemu­an ekonomi penting yang di­kenal sebagai Konferensi Ker­ja Ekonomi Pusat yang berlangsung secara tertutup di Beijing.



Konferensi tersebut akan memetakan rencana pemerintah tahun depan. Diharapkan, hasil konferensi dapat meng­urai sejumlah kebijakan untuk mendukung kebijakan Presiden Xi Jinping yang akan menekankan pertumbuhan kualitas sebagai ganti target pertumbuhan ekonomi yang tinggi. CASS memberikan prediksi pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi di 2017 ketimbang target yang diperkirakan Beijing sekitar 6,5%. Meski perkiraan CASS lebih baik, lembaga itu memperingatkan kemungkinan adanya fluktuasi akibat kecenderungan kebijakan proteksi yang dite­rapkan Presiden Amerika Se­rikat Donald Trump.



Investasi

Selama ini, investasi negara dan ekspor telah memacu per­tumbuhan spektakuler Tiong­kok. Di 2018, CASS memperkiraan investasi aset tetap juga akan melambat menjadi 6,3%. Menurut lembaga itu, sepan­jang 2017, indikator utama menunjukkan pertumbuhan sebesar 7,2% dalam 11 bulan pertama tahun ini. Stimulus dapat dilihat pada data ekonomi yang solid dalam beberapa bulan terakhir. Begitu pula sepanjang sembilan bulan terakhir di 2017, pertumbuhan ekonomi terbilang sehat. Di periode Juli-September 2017, ekonomi Tiongkok tumbuh 6,8%. Pada dua kuartal sebelumnya, ekonomi negara itu bertumbuh 6,9%. Namun, untuk tiga bulan terakhir di 2017, CASS memperkirakan akan turun menjadi 6,7%.



Sebelumnya, Presiden Xi telah mengindikasikan ke­sediaannya menerima pertumbuhan yang lebih rendah. Hal itu disebabkan Tiongkok sedang menghadapi risiko keuangan dan polusi udara berat akibat kinerja industri. Xi menekankan hal itu dan melepas target pertumbuhan yang telah ditetapkan saat berpidato di depan kongres partai beberapa waktu lalu. Di lain hal, para periset mengatakan tidak yakin tentang prospek perdagangan global karena Trump memulai kebijakan nasionalisme ekonomi dan politik. Selain itu, bank sentral AS, Federal Reserve, diperkirakan akan menaikkan suku bunga yang dapat menyebabkan pelarian modal dari Tiongkok. (AFP/Arv/I-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...bat/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Ekonomi Tiongkok bakal Melambat Tahun Depan Papua Benderang

- Ekonomi Tiongkok bakal Melambat Airlangga Legawa Undur

- Ekonomi Tiongkok bakal Melambat Facebook Aplikasikan Pengenal Wajah

×