alexa-tracking

Rencana perayaan natal di Monas batal

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3aece35c7798201a8b457e/rencana-perayaan-natal-di-monas-batal
Rencana perayaan natal di Monas batal
Rencana perayaan natal di Monas batal
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memindahkan rencana perayaan natal dari Monas ke JIExpo Kemayoran, Jakarta.
Agenda perayaan natal oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta di Lapangan Monas akhirnya batal. Gubernur Anies Baswedan bakal menggelarnya di di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta.

Namun pemindahan ini bukan murni keputusan Anies. Dasar pertimbangan diambil berdasarkan suara tujuh perwakilan gereja di Jakarta.

Pertemuan tujuh gereja dengan Pemprov DKI digelar di Balai Kota DKI pada Senin (11/12/2017). Pertemuan itu menghasilkan lima poin kesepakatan (h/t Tribun Medan), sementara poin kedua dan poin ketiga patut dicermati.

Poin kedua berisi permohonan agar perayaan natal bebas dari intervensi politik pihak manapun. Adapun poin ketiga berisi usulan agar perayaan natal tidak dilakukan di luar ruangan (Monas).

"Kami mengusulkan tempatnya di Indoor (tidak di Monas), antara lain: PRJ Kemayoran atau Glodok Kemayoran," demikian usulan nomor tiga dalam notulen rapat.

Anies mengatakan bahwa sejak awal Pemprov tak pernah memaksa perayaan natal bersama di Jakarta digelar di Monas. Anies mengusulkan Monas hanya bagian dari penegasan bahwa lapangan besar di depan Istana Merdeka itu boleh dipakai siapa saja.

Pemindahan ini bukan berarti Monas tak boleh digunakan untuk perayaan natal. Anies bahkan mempersilakan pihak lain untuk menggelar perayaan natal di sana karena Monas sekarang boleh digunakan lagi untuk kegiatan keagamaan.

"Yang ingin menggunakan Monas silakan ajukan izin, dan kami akan mengizinkan," tutur Anies dalam Kompas.com, Selasa (19/12).

Lebih lanjut Anies menjelaskan bahwa pemprov DKI sudah memesan tempat di JIExpo sejak dua pekan lalu. Adapun natal bersama rencananya digelar pada 5 Januari 2018.

Anies mengaku sengaja tidak bersuara ketika sebagian publik meramaikan isu ini sebelum segalanya jelas. "Sudah semuanya iya, paham, baru saya umumkan (soal tempat)," tukas Anies.

Perayaan natal secara umum memang tidak lazim digelar di ruangan terbuka karena tradisinya adalah beribadah di dalam gereja. Itu sebabnya Persatuan Gereja Indonesia (PGI) sejak awal memang tidak setuju bila perayaan natal digelar di Monas.

"Kami usul sejak awal memang di indoor (dalam ruangan)," kata Jeirry Sumampouw, Juru Bicara PGI, dilansir Tempo.co. PGI pun menyambut positif pemindahan ke JIExpo.

Menurut PGI, perayaan di ruangan terbuka justru terkesan memobilisasi massa. Lantas, lanjut Jeirry, Monas punya nuansa politik yang tinggi dan PGI tak mau menodai kemurnian perayaan natal.

Penolakan perayaan natal bersama di Monas juga sempat disuarakan rohaniwan katolik, Romo Benny Susetyo. Dilansir Warta Kota, Senin (18/12), Romo Benny mengatakan umat katolik dan kristen rutin berdoa di gereja saat ibadah natal.

Alasan lain, lanjut Romo Benny, dana APBD sebaiknya digunakan untuk hal lain ketimbang untuk perayaan natal. Misalnya untuk anak-anak miskin.

"Kami ucapkan terima kasih, tapi lebih tepat bagi Umat Katolik jika dirayakan di gereja dengan liturgi. Apalagi, saat ini sedang ada situasi keprihatinan. Dananya lebih baik untuk kepentingan produktif saja," imbau Romo Benny.
Rencana perayaan natal di Monas batal


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...di-monas-batal

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Rencana perayaan natal di Monas batal Sidang tanpa drama dan keberatan Setya Novanto

- Rencana perayaan natal di Monas batal Mengapa Panglima TNI membatalkan mutasi 16 perwira tinggi

- Rencana perayaan natal di Monas batal Kinerja penurunan karbunhutla dalam dua tahun terakhir

image-url-apps
kasian para sempakers padahal udah beli sempak baru
image-url-apps
Hmm... masih ada yg berakal sehat berpikir jernih.
Jadi malu saya...emoticon-Malu (S)

Semoga acara kalian lancar aja dah.. :🖒🐮👍
KASKUS Ads
hak mereka sih kalo pengin di indoor, asalkan tujuannya baik. drpd dipake buat acara bela agama tapi isinya muatan politis dan sara emoticon-Shutup
×