alexa-tracking

Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3aeb141ee5df7a2a8b4570/indonesia-mulai-produksi-beras-khusus
Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus
Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus

MENTERI Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan Kementerian Pertanian, melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), telah mampu memproduksi varietas padi unggul yang menghasilkan beras khusus Javanica atau beras yang biasa digunakan untuk membuat masakan Jepang seperti sushi dan lain sebagainya. Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan beras khusus tersebut, Indonesia masih harus membuka keran impor dari 'Negeri Sakura'. Namun, sejak saat ini, Amran menargetkan tidak akan ada lagi impor beras khusus.



"Kami sudah bisa kembangkan padi varietas unggul ini sendiri. Sudah disiapkan lahan 500 hektare (ha) yang akan kami kembangkan di beberapa daerah, namun saat ini akan fokus dulu di Subang," ujar Amran saat mengunjungi Balai Besar Penelitian Padi di Subang, Jawa Barat, Rabu (20/12). Ia menyebutkan, varietas yang dinamakan Tarabas itu mampu menghasilkan 6 ton gabah per ha sehingga target dalam sekali panen sebesar 3.000 ton. "Harapannya nanti semua beras khusus, kita akan produksi sendiri, tidak akan ada impor lagi untuk semua jenis beras. Kita rampungkan satu-satu."



Secara keseluruhan, produksi padi di Subang dengan luas lahan 13.500 ha mencapai 71 ribu ton dalam sekali panen. Adapun total keseluruhan produksi di Jawa Barat mencapai 12,4 juta ton pada 2016. Hasil tersebut menjadi yang terbesar dalam sejarah provinsi tersebut.

Menurut Bupati Subang, Imas Aryum-ningsih wilayahnya 41%-nya terdiri dari lahan pertanian. Jadi maju mundurnya Subang tergantung bagaimana kinerja pertanian. "Selama pemerintahan Jokowi, kami merasakan petani sangat diperhatikan. Kami diberikan peralatan mesin pertanian, bantuan benih, pupuk, dan juga asuransi tani sehingga ada hasil nyata yang dicapai," ujar Bupati.



Dalam kesempatan itu, Mentan mengungkapkan pihaknya telah menyiapkan lahan kering seluas 3 juta hektare (ha) yang tersebar di Pulau Jawa dan Sulawesi untuk dapat segera dimaksimalkan. Sedianya, lahan kering yang ditargetkan seluas 3 juta ha masih jauh dari potensi yang sesungguhnya dimiliki yakni hampir 10 juta ha. "Mayoritas lahan kering terdapat di perdesaan dan itu masih kurang tersentuh sebelumnya. Masyarakat yang hidup di daerah tersebut sebagian besar adalah petani tradisional yang masih jauh dari akses ekonomi."


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...sus/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus Bangun Smelter Syarat Perpanjangan Izin Tambang

- Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus Surveyor Gandeng BUMN Korea Garap EBT

- Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus Proyek Strategis Terus Dipacu

×