alexa-tracking

Proyek Strategis Terus Dipacu

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3aeb07ded7708a7f8b4573/proyek-strategis-terus-dipacu
Proyek Strategis Terus Dipacu
Proyek Strategis Terus Dipacu

TAHUN ini pemerintah merampungkan enam proyek strategis nasional (PSN). Secara kumulatif, dari tahun lalu hingga per 19 Desember 2017 proyek yang berhasil diselesaikan berjumlah 26. Ketua Tim Pelaksana Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) Wahyu Utomo dalam temu media di Jakarta, kemarin, menyebutkan enam proyek tersebut yaitu jalan akses Tanjung Priok, jalan tol Soreang-Pasirkoja, jalan tol Surabaya-Mojokerto. Kemudian, pos lintas batas negara (PLBN) Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, PLBN Aruk Kabupaten Sambas, dan PLBN Wini, Kabupaten Timor Tengah Utara.



"Nilai enam proyek yang selesai di 2017 mencapai Rp13,1 triliun, sementara estimasi total nilai investasi dari 26 PSN yang telah rampung sebesar Rp46,5 triliun," kata Wahyu. Dengan telah rampungnya 26 PSN, hingga akhir 2017 terdapat 239 PSN dan dua programn (ketenagalistrikan dan industri pesawat) yang masih harus diselesaikan. Wahyu menjelaskan, dari 239 PSN dan dua program yang belum rampung, terdapat 145 PSN dan satu program yang masih dalam tahap konstruksi, sembilan proyek dalam tahap transaksi, 85 proyek dan satu program dalam tahap penyiapan.



"Masih banyak yang belum rampung karena proyek seperti jalan tol lebih kompleks mengingat harus disiapkan analisis dampak lingkungan, desain, pembebasan lahan, baru kontruksi. Maka tentunya 'multiyears'," ucap dia. Menurut Wahyu dari 145 PSN yang masih tahap konstruksi, terdapat 37 proyek yang telah beroperasi sebagian dan dalam waktu dekat bisa diselesaikan. Proyek tersebut di antaranya jalan tol Medan-Tebing Tinggi, jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, dan KEK Mandalika.



"Proyek yang telah beroperasi ini kami masih hitung sebagai proyek dalam tahap konstruksi karena belum seluruhnya beroperasi," ujarnya. PSN ialah proyek terpilih yang memiliki peran strategis atas perekonomian, kesejahteraan sosial, pertahanan, dan kedaulatan nasional yang mendapat fasilitas yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 j.o. Perpres 58/2017.



Sektor jalan

Daftar terbaru mencatat terdapat 245 PSN dan dua program dengan total nilai investasi sebesar Rp4.417 triliun. Seluruh PSN dibagi dalam 15 sektor, tiga sektor di antaranya yang memiliki jumlah proyek terbanyak adalah sektor jalan dengan 74 proyek. Sebelumnya, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) pada Senin (18/2) menandatangani nota kesepahaman dengan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) terkait dengan penambahan alokasi pembayaran dana talangan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2017 yang semula hanya Rp13,28 triliun menjadi Rp25,28 triliun.



Dana talangan ini digunakan untuk pengadaan tanah proyek jalan tol. Hal tersebut sesuai dengan surat Menteri Keuangan Nomor S.958/MK.06/2017 pada 20 November 2017. Menurut Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari dengan penandatanganan nota kesepahaman itu, pembebasan lahan untuk 34 ruas tol yang masih terkendala diharapkan dapat segera tuntas. Penandatanganan ini, kata dia, sebagai wujud komitmen dan konsistensi LMAN dalam mendukung percepatan pembangunan proyek strategis negara (PSN) sekaligus sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi LMAN dengan lembaga-lembaga terkait. Menurut Rahayu, pada 2018 dana yang bakal dikucurkan LMAN sebesar Rp35 triliun dan umumnya dialokasikan bagi pembebasan lahan untuk bendungan. (E-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...acu/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Proyek Strategis Terus Dipacu Bangun Smelter Syarat Perpanjangan Izin Tambang

- Proyek Strategis Terus Dipacu Indonesia Mulai Produksi Beras Khusus

- Proyek Strategis Terus Dipacu Surveyor Gandeng BUMN Korea Garap EBT

×