alexa-tracking

KPK Heran Kubu Novanto Ngotot Permasalahkan Dakwaan Lain

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3aea18dad77012488b4575/kpk-heran-kubu-novanto-ngotot-permasalahkan-dakwaan-lain
KPK Heran Kubu Novanto Ngotot Permasalahkan Dakwaan Lain
KPK Heran Kubu Novanto Ngotot Permasalahkan Dakwaan Lain

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku heran dengan sikap tim kuasa hukum terdakwa KTP-el Setya Novanto yang terus membandingkan dakwaan kliennya dengan dakwaan terdakwa lain semisal Irman dan Sugiharto serta Andi Agustinus alias Andi Narogong.


'Jadi aneh dan janggal saya kira kalau dakwaan terhadap Setya Novanto tetapi mempersoalkan dakwaan pihak lain,' kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.


Febri mengatakan, tim hukum seharusnya fokus membela Novanto dalam persidangan. Sehingga, Maqdir cs seharusnya tidak mempermasalahkan dakwaan terdakwa lain melainkan fokus kepada jalannya persidangan perkara korupsi proyek yang merugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun.


'Ini persidangan untuk Setnov maka yang dibuktikan (perbuatan) Setnov. Inti fokusnya pada pembuktian perbuatan dan kesalahan Setya Novanto nanti di persidangan,' ujarnya.


Baca juga: KPK Siapkan Jawaban Eksepsi Novanto


Febri menegaskan, tidak ada nama anggota DPR periode 2009-2014 yang hilang dalam surat dakwaan Novanto. Menurut Febri, para anggota legislatif yang diduga kecipratan uang panas proyek KTP-el itu hanya dimasukkan dalam satu kesatuan atau satu cluster.


'Misalnya dikelompokkan menjadi sejumlah orang dalam panitia pengadaan. Sejumlah anggota DPR yang diperkaya USD2,8 juta dan juga lebih dari Rp40 miliar,' ucap Febri.


Novanto didakwa mengintervensi pelaksanaan proyek pengadaan KTP-el di Kementerian Dalam Negeri, dengan melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi. Akibatnya keuangan negara rugi hingga Rp2,3 triliun.


Baca juga: Kubu Novanto Minta Penjelasan Hilangnya Nama Sejumlah Politikus


Tak hanya itu, mantan Ketua Umum Partai Golkar itu pun didakwa mendapat jatah sebesar USD7,3 juta dan jam tangan merek Richard Mille seri RM 011 senilai USD135 ribu dari proyek senilai Rp5,8 triliun tersebut.


Pada sidang pembacaan eksepsi tadi, Tim kuasa hukum Novanto mempersoalkan perbedaan isi dakwaan kliennya dengan dakwaan tiga terdakwa lainnya yakni dua pejabat Kementerian Dalam Negeri Irman dan Sugiharto serta Andi Agustinus alias Andi Narogong.


Salah satu yang dipersoalkan adalah hilangnya sejumlah nama anggota DPR RI periode 2009-2014 yang diduga kecipratan uang korupsi KTP-el. Kubu Novanto menuding KPK sengaja menghilangkan nama-nama tersebut.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/aN...n-dakwaan-lain

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KPK Heran Kubu Novanto Ngotot Permasalahkan Dakwaan Lain Bongkar Skandal Korupsi KTP-el

- KPK Heran Kubu Novanto Ngotot Permasalahkan Dakwaan Lain Kubu Novanto Minta Penjelasan Hilangnya Nama Sejumlah Politikus

- KPK Heran Kubu Novanto Ngotot Permasalahkan Dakwaan Lain Nama 3 Politikus PDIP Masuk dalam Konstruksi Dakwaan Novanto

×