alexa-tracking

Masa Penahanan Bupati Nganjuk Diperpanjang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3aea1162088165668b4574/masa-penahanan-bupati-nganjuk-diperpanjang
Masa Penahanan Bupati Nganjuk Diperpanjang
Masa Penahanan Bupati Nganjuk Diperpanjang

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memperpanjang masa penahanan Bupati Nganjuk Taufiqurrachman (TFR). Penahanan tersangka kasus suap jual beli jabatan dan gratifikasi di Kabupaten Nganjuk ini diperpanjang selama 30 hari.


'Penahanan TFR diperpanjang selama 30 hari ke depan,' kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 20 Desember 2017.


Selain Taufiqurrachman, penyidik juga memperpanjang masa penahanan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nganjuk Ibnu Hajar (IH). Perpanjangan penahanan terhitung sejak 25 Desember sampai 23 Januari. 'Penahanan diperpanjang demi kepentingan penyidikan,' ujar Febri.


Baca juga: KPK Perpanjang Penahanan Bupati Nganjuk


Febri mengatakan, penyidik juga mengembalikan beberapa barang bukti berupa dokumen. Sejumlah dokumen dikembalikan karena tidak berkaitan dengan penanganan perkara tersebut.


Taufiqurrahman ditetapkan sebagai tersangka suap setelah terjaring operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu 25 November 2017 lalu. Selain Taufiqurrahman, KPK juga menetapkan empat tersangka lain.


Mereka di antaranya, Kepala Sekolah SMPN 2 Ngronggot Suwandi (SUW), Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Nganjuk Ibnu Hajar (IH). Kemudian Kepala Bagian Umum RSUD Nganjuk Mokhammad Bisri (MB) dan Kepala Dinas (Kadis) Lingkungan Hidup Nganjuk Hariyanto (H).


Baca juga: Istri dan Anak Buah Eks Bupati Nganjuk Dicegah ke Luar Negeri


Taufiqurrahman diduga menerima uang suap terkait perekrutan dan pengelolaan ASN/PNS di Kabupaten Nganjuk dari sejumlah pihak melalui orang kepercayaannya. Total uang yang diterima Taufiqurrahman sebanyak Rp298.020.000, dengan rincian dari Ibnu Hajar Rp149.120.000 dan dari Suwandi sebesar Rp148.900.000.


Sebagai pihak pemberi Mokhammad Bisri dan Harjanto disangkakan pasal 5 ayat 1 huruf atau huruf b atau pasal 13 UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.


Sedangkan sebagai pihak penerima Taufiqurrahman, Ibnu Hajar, dan Suwandi disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/hukum/JK...k-diperpanjang

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Masa Penahanan Bupati Nganjuk Diperpanjang OTT Bupati Nganjuk, KPK Tetapkan Lima Tersangka

- Masa Penahanan Bupati Nganjuk Diperpanjang Bupati Nganjuk Terima Suap untuk Biaya di Jakarta

- Masa Penahanan Bupati Nganjuk Diperpanjang KPK Sebut Bupati Nganjuk Terlampau Nekat

×