alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Warga Jatipadang Minta Pemprov DKI Ganti Rugi Tanah tak Bersertifikat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3adecd9e74045f618b457b/warga-jatipadang-minta-pemprov-dki-ganti-rugi-tanah-tak-bersertifikat

Warga Jatipadang Minta Pemprov DKI Ganti Rugi Tanah tak Bersertifikat

Warga Jatipadang Minta Pemprov DKI Ganti Rugi Tanah tak Bersertifikat

Jakarta: Pemprov DKI Jakarta berencana menormalisasi Kali Pulo di Jatipadang yang kerap dilanda banjir. Warga Jatipadang meminta Pemprov DKI menyamaratakan kompensasi warga yang terdampak proyek tersebut. 


Ketua RW 06 Arief Syarifuddin mengatakan dari data sementara ada sekitar 126 bangunan yang terdampak normalisasi Kali Pulo. Terdiri dari lima RT di RT 03, 04, 06, 13 dan 14. Namun, ia mengakui tidak semua warga memilki sertifikat tanah yang sah.


Saat ini pengurus RW sedang berupaya menegosiasikan kepada pihak Pemprov agar menyamaratakan kompensasi kepada warga baik yang memiliki sertifikat tanah yang sah maupun yang tidak. Mayoritas warga hanya memiliki akta jual beli tanpa ada sertifikat.  


'Kita membantu bagi yang tidak punya sertifikat disamaratakan saja. Mereka beli tanah juga karena harga tanah di sini dulu murah,' kata Arief kepada Medcom.id di RT 14, Jatipadang, Jakarta Selatan, Rabu 20 Desember 2017.


Baca juga: Warga Jatipadang Bersedia Kali Pulo Dinormalisasi dengan Catatan


Arief mengklaim Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tanah di wilayahnya berkisar Rp2,7 juta per meter. Dari permintaan warga, mereka meminta ganti untung atas tanah dan bangunan. 


'Kita minta ganti untung paling tidak satu setengah NJOP dan ganti rugi bangunan,' jelasnya.


Namun, Arief memastikan warga yang menempati lahan di atas Kali Pulo dengan mendirikan bangunan tak akan menerima kompensasi. Pasalnya, mereka telah menyalahi aturan. 'Benar-benar di atas (kali) enggak kena ganti rugi,' tutupnya. 


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan  normalisasi menjadi solusi jangka panjang untuk menangani banjir di kawasan Jatipadang, Jakarta Selatan. Anies pun menyampaikan kepada warga agar bibir kali bebas dari permukiman warga.


Baca juga: Warga Jatipadang Pemilik Sertifikat Minta Ganti Rugi Rp10 Juta per Meter


Sementara untuk solusi jangka pendek, Pemprov DKI baru membangun tanggul temporer yang terbuat dari karung berisi pasir. Bila debit air semakin tinggi, Anies mengintruksikan agar tanggul dibuat tinggi.


'Kalau perlu tinggikan. Tapi ingat itu semua hanya solusi jangka pendek sampai musim hujan terlewati. Habis ini kita selesaikan jangka panjang,' terang dia.


Mantan Menteri Pendidikan RI ini juga akan menangani banjir dari hulu. Debit air dari Situ Babakan kemungkinan akan dikurangi. 'Sehingga penanganan banjir bisa ditangani secara komprehensif,' kata Anies.


Sumber : http://news.metrotvnews.com/metro/4K...-bersertifikat

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Warga Jatipadang Minta Pemprov DKI Ganti Rugi Tanah tak Bersertifikat Jokowi Yakin Bendungan Ciawi dan Sukamahi Kurangi Banjir Jakarta

- Warga Jatipadang Minta Pemprov DKI Ganti Rugi Tanah tak Bersertifikat Anies Minta Semua Perangkat Siaga Banjir Hari Ini

- Warga Jatipadang Minta Pemprov DKI Ganti Rugi Tanah tak Bersertifikat Banjir Jakarta dan Penanganannya

Engga pernah punya sertifikat sejak jual-beli tanah, berarti engga pernah bayar PBB (Pajak Bumi & Bangunan) tuh. emoticon-Ngakak

Kok pengen disamakan dengan yg punya sertifikat? emoticon-Ngakak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di