alexa-tracking

Tiga Kelas Kumite masih Butuh Karateka

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ac250dac13ebc218b4576/tiga-kelas-kumite-masih-butuh-karateka
Tiga Kelas Kumite masih Butuh Karateka
Tiga Kelas Kumite masih Butuh Karateka

INDONESIA Karate-do (Inkado) menargetkan bisa mengisi tiga kelas di pusat pelatihan Federasi Olahraga Karate-do Indonesia (Forki). Tiga kelas tersebut, yakni -75 kg, -84 kg, dan +84 kg, adalah kelas kumite putra senior yang saat ini sedang minim atlet andalan.

Sekretaris Jenderal Inkado M Hasbi Azis mengatakan saat ini ada lima provinsi yang berpotensi memiliki atlet yang bisa mengisi kekosongan tiga kelas itu. “Setelah pengamatan dilakukan, Sulawesi Selatan (Sulsel), DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar), Sumatra Barat (Sumbar), dan Jawa Timur (Jatim) adalah provinsi yang punya atlet-atlet itu,” kata Hasbi di acara Kejuaraan Nasional Inkado (Kejurnas) 2017 yang berlangsung di Jakarta, rabu (20/120.



Hasbi menyatakan optimistis Inkado bisa menyuplai atlet kepada Forki lantaran memang jadi perguruan karate yang langganan mengirim wakil Indonesia untuk SEA Games dan Asian Games. Lagi pula kekuatan setiap perguruan dinilai Hasbi merata. “Karate juga kan cabang olahraga tidak terukur, jadi apa pun bisa terjadi,” kata Hasbi. Kejurnas sendiri merupakan tempat menjaring atlet unggulan dari kelas lain. Banyak atlet lapis dua yang rupanya menonjol dan baru muncul di ajang tersebut. Sulsel dinyatakan menjadi juara umum setelah memperoleh 16 medali emas, 10 medali perak, dan 19 medali perunggu.



Jatim berada di posisi kedua dengan 11 medali emas, 9 medali perak, dan 17 medali perunggu. Sementara itu, urutan ketiga ditempati Sumbar dengan 7 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu. Seluruh peserta kejurnas 900 orang dan berasal dari 34 provinsi. Mereka bertarung di 88 kelas dari enam kategori, yaitu pemula, kadet, U-21, senior, dan antarmaster usia 40-60 tahun. “Nanti kami akan seleksi lagi hasil dari kejurnas. Program kami, nanti ada latihan jangka panjang dan ada promosi dan degradasi. Pola latihan nanti akan berujung ke kualifikasi utama untuk bisa jadi atlet binaan Forki. Secara kualitas, lapis dua berpotensi jadi atlet utama, bisa dilihat dari kejurnas,” lanjut Hasbi.



Hasbi mengatakan pada tahun depan, Inkado juga akan mengirimkan atlet mereka untuk latihan ke Eropa dan ke Jepang. Atlet kumite akan berangkat ke Eropa dan atlet kata ke Jepang. Dia mengatakan atlet yang dikirim untuk gelombang pertama sebanyak lima orang. (Beo/R-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...eka/2017-12-21

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Tiga Kelas Kumite masih Butuh Karateka Manchester City Jaga Asa Menuju Treble

- Tiga Kelas Kumite masih Butuh Karateka Kunjungi RS Anak

- Tiga Kelas Kumite masih Butuh Karateka Jadi Korban Perundungan