alexa-tracking

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ac121d675d40e6a8b4568/begini-proses-pemakaman-jenazah-warga-korea
icon-hot-thread
Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea
Hai para agan dan aganwati. Ini thread pertama ane. Semoga tulisan disini dapat dimengerti yak. (Bahasa Indonesia ane kurang dalam soalnya gan emoticon-Big Grin )

Belakangan ini banyak berita mengenai kepergian sang bintang asal korea dan merupakan salah satu personil boyband ternama yaitu Jonghyun SHINee. Sedikit informasi, kematian Jonghyun Shinee ini disebabkan oleh keracunan gas karbon monoksida yang diproduksi oleh batu arang. Jasadnya ditemukan di sebuah apartemen di kawasan Cheongdam-dong, Gangnam Gu, Seoul.

Saat ini almarhum disemayamkan di Asan Medical Center Funeral Hall sejak dari hari Selasa, 19 Desember 2017. Dari keluarga hingga rekan sekerja dan para fans pun ikut turut mendatangi tempat persemayaman terakhir Jonghyun.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Karena rasa penasaran yang begitu tinggi, ane coba cari tahu apa aja sih proses pemakaman yang harus dilakukan untuk warga korea.

Yang namanya orang kota pasti ingin yang serba instan. Sama juga untuk warga korea yang domisili di perkotaan. Mereka lebih memilih cara yang tidak begitu merepotkan dirinya. Begitu juga untuk proses / upacara pemakaman orang meninggal. Mereka akan meminta pengurus tempat persemayaman disana untuk mengurus segala proses yang harus dilakukan.

Biaya yang dibutuhkan juga tidak murah. Minimal 5 juta won atau sekitar 50 juta rupiah. Karena biaya pemakaman begitu besar, para pelayat diharapkan untuk memberi minimal 50 ribu won atau sekitar 600 ribu rupiah. Uang tersebut dimasukkan dalam amplop warna putih dan tak lupa di amplopnya harus ditulis "Turut Berdukacita".

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Biasanya pemakaman orang korea akan berlangsung 3 hari saja. Hari pertama, tubuh jenazah akan diatur dalam posisi lurus dan ditutupi kain putih. Kemudian jenazah tersebut akan diletakkan di sebuah peti yang juga dijadikan sebagai meja untuk menaruh bunga, dupa dan foto almarhum.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Hari kedua, jenazah akan dimandikan oleh anggota keluarga yang tertua di rumah duka. Setelah itu, jenazah akan berpakaian rapi. Umumnya setelan jas yang akan dipakaikan ke jenazah. Selanjutnya, jenazah kembali masuk ke peti mati.

Hari ketiga, upacara singkat akan diadakan untuk memberikan penghormatan terakhir bagi almarhum. Pada acara ini, kehidupan pribadi almarhum akan diceritakan kepada pelayat. Pelayat juga akan memberikan kata-kata terakhir untuk almarhum sambil membakar dupa.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Selesai upacara singkat itu, peti mati akan diangkut menggunakan mobil jenazah dan dibawa ke tanah pemakaman. Jenazah akan dimasukkan ke dalam lobang tanah yang sudah disediakan sebelumnya. Anggota keluarga yang tertua harus melempar tanah ke peti mati sebanyak 3 kali. Kemudian, lobang kuburan tersebut akan dibuat menjadi sebuah gundukan atau bukit kecil dan menaruh batu nisan di depannya.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Tapi seiring berjalannya waktu, teknologi juga sudah semakin canggih, kebanyakan warga korea kini akan lebih memilih dengan cara kremasi. Jenazahnya akan dibakar hingga menyisahkan tulang belulang saja. Kemudian tulang tersebut akan ditaruh pada sebuah wadah yang terbuat dari keramik. Wadah tersebut bisa ditaruh di rumah atau di tempat persemayaman.

Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

Sumber
Oh gitu ya gan, mirip juga sama negara mana sih ya
India apa ya kalo gak salah emoticon-Bingung (S)
image-url-apps
Sering liat di webtoon nih 😂
KASKUS Ads
image-url-apps
Begini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea
udah sering baca sih hehehe
ampir sama juga ya sama jepun ? emoticon-Bingung
image-url-apps
Quote:


aNjirrr ... Emang orang sana dari plastik semua bahan nya emoticon-Leh Uga
image-url-apps
baru tau gan
kuburan disono keliatan nya ga serem ya,,rapi gitu...
Quote:

klo menurut ane sih lebih mirip yang kayak di jepang hehe

Quote:

wah berarti ane yg masih ketinggalan berita emoticon-Big Grin

Quote:

haha maaf gan.. ane masih newbie .. jadi skalian , pengalaman + pengetahuan emoticon-Big Grin mohon bimbingannya ya gan emoticon-Shakehand2

Quote:

emoticon-Leh Uga ide bagus tuh

Quote:

yup bener gan. menurut ane jg sama kayak yg di jepang emoticon-Hammer2

Quote:

iya gan. ane jg baru tau. skalian bikin thread pertama ane. mohon bimbingan nya ya kakak .. emoticon-Malu

Quote:

iya ga berantakan ya. tersusun sangat rapi. biar almarhum juga merasa nyaman emoticon-Peluk
image-url-apps
Quote:


parah amat ente breh emoticon-Cape d...
image-url-apps
Lah ngamplop juga mereka
image-url-apps
Quote:


Ceileh nyinyir aja lu biji onta
image-url-apps
halah bener juga bre ane kiranya juga kek gituh bisa didaur ulang
emoticon-Wkwkwk
Quote:


oppa emoticon-Mewek
image-url-apps
Quote:


pemuja plastik homo emoticon-Betty
image-url-apps
Quote:


Itu mah eluBegini Proses Pemakaman Jenazah Warga Korea

lagi berduka tolong dijaga jempolnya

image-url-apps
Quote:


di sini jg sama kok gan sama etnis tionghoa..
sedikit tambahan buat ts klo di korea tamu yg dtg nanti duduk di lesehan gitu terus dikasih makanan berat
image-url-apps
Plastik epery were
image-url-apps
Mahal juga ya bre
×