alexa-tracking

Indeks Demokrasi di Jakarta Tidak Bisa Jadi Ukuran untuk Skala Nasional

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ab6fedc06bde6358b456d/indeks-demokrasi-di-jakarta-tidak-bisa-jadi-ukuran-untuk-skala-nasional
Indeks Demokrasi di Jakarta Tidak Bisa Jadi Ukuran untuk Skala Nasional
Indeks Demokrasi di Jakarta Tidak Bisa Jadi Ukuran untuk Skala Nasional

JPP, JAKARTA - Indeks Demokrasi Indonesia Tahun 2016 mencatatkan ada penurunan indeks demokrasi di Provinsi DKI Jakarta. Tapi, indeks demokrasi di Jakarta tidak bisa menjadi ukuran satu-satunya untuk menilai indeks demokrasi secara nasional.

Menilai indeks demokrasi secara nasional, mesti utuh. Sehingga hasilnya objektif. Meskipun memang Jakarta kerap disebut barometer politik nasional. Hal itu ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Senin (18/12/2017).

"Yang saya cermati kemarin, memang ukurannya menurut saya walaupun itu harusnya diukur dari secara objektif kondisi, gelagat dan dinamika yang ada di negara kita," ujar Tjahjo.

Menurut Mendagri, indeks demokrasi bisa dikatakan objektif, jika diukur secara menyeluruh. Tidak hanya melihat indeks demokrasi di Jakarta. Apalagi sekadar melihat dinamika yang terjadi pada Pilkada di ibu kota kemarin yang memang gaduh. Itu tidak bisa jadi patokan secara nasional. Karena bicara demokrasi di Indonesia, tak hanya Jakarta.

"Objektif itu tapi secara keseluruhan misalnya kayak ukuran Pilkada DKI terus itu dijadikan sebuah ukuran secara nasional kan tidak bisa. DKI ya DKI, itu aja saya kira intinya di situ. Secara prinsip sudah jadi telaah kita," ulas Tjahjo.

Seperti diketahui, pada saat pelucuran Indeks Demokrasi Indonesia 2016 (IDI 2016), Mendagri hadir, bahkan ia yang memberikan penghargaan kepada provinsi yang dinilai indeks demokrasinya baik. Dalam IDI 2016, ada beberapa hal yang harus dicermati.

Namun, Mendagri menegaskan, demokrasi di Indonesia itu acuannya adalah Pancasila. Demokrasi yang mengedepankan musyawarah dan mufakat.

"Saya juga hadir kemarin di acara itu tapi ada beberapa hal-hal yang harus dicermati. Kalau indeks demokrasi baik secara universal, tapi juga demokrasi yang berdasarkan pancasila. Dengan Pancasila, ada musyawarah mufakatnya bagaimana, membangun persatuan dan kesatuan. Secara umum menjadi acuan kami sepakat," jelas Tjahjo. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/politik/314...skala-nasional

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Indeks Demokrasi di Jakarta Tidak Bisa Jadi Ukuran untuk Skala Nasional Menteri PPN: Open Government Keharusan untuk Tingkatkan Partisipasi

- Indeks Demokrasi di Jakarta Tidak Bisa Jadi Ukuran untuk Skala Nasional Sungai dan Waduk Dibersihkan, Saran Presiden untuk Cegah Banjir di Jakarta

- Indeks Demokrasi di Jakarta Tidak Bisa Jadi Ukuran untuk Skala Nasional Sebagian Besar Soal USBN 2018 Memakai Model Esai