alexa-tracking

Mendagri: Kenaikan Dana Partai dan Tim Gubernur DKI Harus Sesuai Aturan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3ab1da925233ae228b4568/mendagri-kenaikan-dana-partai-dan-tim-gubernur-dki-harus-sesuai-aturan
Mendagri: Kenaikan Dana Partai dan Tim Gubernur DKI Harus Sesuai Aturan
Mendagri: Kenaikan Dana Partai dan Tim Gubernur DKI Harus Sesuai Aturan

JPP, JAKARTA - Terkait kenaikan dana bantuan partai di Provinsi DKI Jakarta yang jumlahnya melebihi kenaikan di tingkat pusat, evaluasi atas APBD DKI Jakarta sudah selesai dilakukan di Ditjen Keuangan Daerah.

Demikian diungkapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai melantik pejabat eselon I di Gedung Sasana Bhakti Praja kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (18/12/2017).

Mendagri menjelaskan, termasuk juga soal item besaran dana bantuan partai. Tentang kenaikan dana bantuan partai, Tjahjo menambahkan, dasar hukumnya, yakni Peraturan Pemerintah belum ditandatangani. Kenaikan dana bantuan partai, harus mengikuti aturan.

"Setahu saya sudah selesai ya di Ditjen Keuangan Daerah. Memang ada beberapa, seperti DKI Jakarta yang kita revisi karna dasarnya enggak ada (dasarnya). Dasar kenaikan itu belum ada," ujar Tjahjo.

Sampai saat ini, revisi PP tentang dana bantuan partai belum ditandatangani. Jadi, kalau menaikan dana partai, di saat aturan yang jadi payung hukumnya belum selesai, dinilai aneh. Nanti, akan jadi persoalan. Dana bantuan partai memang dinaikan, tapi payung hukumnya belum ditandatangani.

"Misalnya dana politik dinaikkan, Tapi kan dasarnya belum keluar. Kita memang menaikkan, tapi kan belum keluar Kepresnya. Nah itu saja," ujar Tjahjo.

Tak hanya soal kenaikan dana bantuan partai, wartawan juga sempat menanyakan tentang Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUP) yang dibentuk Gubernur DKI Jakarta.

Menurut Mendagri, pada dasarnya, gubernur terpilih bisa membentuk tim, untuk membantunya melaksanakan program prioritas. Namun, tetap saja ada aturannya. Misal, terkait jumlah anggota tim. Jika tak sesuai aturan, tentu akan dikoreksi.

"Kita koreksi. Karena dasarnya untuk jumlah itu nanti jangan sampai ke depan kalau mungkin itu merupakan program prioritasnya gubernur, saya setuju. Sepanjang tidak ada aturan yang menyimpang, silahkan,” tegas Tjahjo.

Sementara, untuk program sebagai kewenangan gubernur terpilih, Mendagri mempersilahkan. “Tapi kalau tidak ada aturan bakunya diubah atau direvisi, dengan segala mohon maaf itu telaah dari Kemendagri. Secara keseluruhan apa yang diajukan oleh DKI enggak ada masalah," jelas Tjahjo. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/politik/314...-sesuai-aturan

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Mendagri: Kenaikan Dana Partai dan Tim Gubernur DKI Harus Sesuai Aturan Mendagri: DPRD Minta ’Jatah’ APBD Tidak Sesuai Aturan, Tolak Saja!

- Mendagri: Kenaikan Dana Partai dan Tim Gubernur DKI Harus Sesuai Aturan Mendagri: 14 Pejabat yang Melakukan Pungutan Sudah Ditindak

- Mendagri: Kenaikan Dana Partai dan Tim Gubernur DKI Harus Sesuai Aturan Kunci Pelayanan Publik, Mendagri: Belum Banyak Daerah yang Inovatif

×