alexa-tracking

Setelah 48 Tahun, Soe Hok Gie Tetap Jadi Aktivis Idola Anak Muda

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a350c9a62088127208b4569/setelah-48-tahun-soe-hok-gie-tetap-jadi-aktivis-idola-anak-muda
Setelah 48 Tahun, Soe Hok Gie Tetap Jadi Aktivis Idola Anak Muda
Setelah 48 Tahun, Soe Hok Gie Tetap Jadi Aktivis Idola Anak Muda

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Pertamax
hidup mahasiswa
KASKUS Ads
Seangkatan sama om herman lantang ya?



Edited ; ternyata iya emoticon-Matabelo
Quote:


jaaa betoel..sama sama fakoeltas sastra dan pendiri mapala UI kalaoe tidak salah....
wah selamat
Quote:


maaf ya ts aye nambahin dikit. Ini surat dri om Herman O Lantang utk om Gie. Mudah2an ada anak mapala ui yg baca thread agan


Soe yang baik,

Gak terasa ya udah 44 tahun lu berangkat tinggalin kita, ternyata gue sekarang udah menjelang umur 74, Soe. Jadi udah tua, tapi gue yakin Tuhan masih makai gue, Tuhan punya maksud memberi gue umur panjang, gak kayak lu dipanggil cepat. Dan, lu juga memberi dampak yang hebat buat orang-orang.

Gak terasa Soe, sorry gue sih niatnya masih pingin napak tilas ke Semeru, pasti masih bisa, walaupun gue sekarang udah patah kaki, pakai dua tongkat, udah stroke. Tapi gue yakin gue bisa, cuma satu, kondisi gak memungkinkan, gue harus terbang ke Malang dan pakai mobil ke arah Ranu Pane, baru gue jalan, bisa.

Berapa lama pun gue bisa naik turun Semeru, gue yakin bisa. Tapi kondisi gak memungkinkan, jadi terpaksa untuk tahun ini kita gak tapak tilas tapi datang ke tempat nisan lu, di Taman Prasasti, untuk ngumpul dan ngenang akan kebesaran Tuhan.

Gua prihatin Soe, Mapala UI sekarang gak memperingati ultah Mapala tanggal 12 yang lalu. Dan juga Mapala tidak buat acara untuk peringatan kepergian kalian 16 Desember. Tapi, that’s life ! Itu lah hidup, yang penting kita teman-teman lu masih tetap mengenang lu dan menjadi kenang-kenangan indah. Dan, menjadi satu pelajaran buat kita semua akan kebesaran Tuhan.

Di Taman Prasasti udah keren banget Soe, yang aslinya lu cuma punya nisan, \\\"Nobody Knows The Trouble I\\\'ve Seen\\\" (Negro Spiritual Song). Yang lainnya udah dipugar secara keren untuk umum, tamannya bagus, tempatnya bagus, tenang.

Gue kemari tadi pagi, Joyce berangkat ke Cikini. Joyce bini gua, lu gak tahu kan gua akhirnya kimpoi juga?, dia jaga kemenakannya Retno Momoto, bininya Benny Mamoto yang tahun 1970 pernah ikut tapak tilas ke Semeru.

Gue sendirian di sini, tapi gua senang ditemanin teman-teman pecinta alam yang mengagumi lu, sialan! Emosi lagi kumat!, terima kasih Soe, (menangis, suara tertahan beberapa detik), lu menjadi teladan (nangis lagi) buat generasi penerus (nangis) walau lu udah gak ada, tapi pemikiran lu menjadi panutan orang-orang (suara terbata-bata).

Gua sedih, soal peristiwa Semeru, ada orang yang masukin ke Facebook dan orang-orang yang gak ngerti kita, gak ngerti persahabatan kita, mancing-mancing supaya gua panas, sebab kelemahan gue dari dulu kan gitu, cepet marah dan panas. Tapi puji Tuhan, gue dikaruniakan kebijaksanaan makin tua dan kesabaran dan gue belajar untuk jadi humble.

Gue sampai sekarang masih punya niat untuk datang ke Semeru, malah dengan Joyce punya niat untuk ke puncak cartenz, itu bisa. Eh by the way, itu rumah kita mau dijual, dan kalau sudah laku bakal pindah ke Curug Nangka di Bogor.

Di situ gua akan dirikan perpustakaan, Benny Mamoto almarhum punya buku banyak kayak lu kan, buku- buku terlarang, Lenin, Mau Tse Tung, Bung Karno, Tan Malaka, kayak buku lu, untuk perpustakaan umum. Sayang, buku lu yang di Yayasan Mandalawangi gak jelas entah kemana.

Oke, itu aja, ya semacam berkeluh kesah. Kayak lu kan biasa begitu sama gue. Ok Gie, sampai ketemu di sana. Tungguin gue ya, bye.

Sahabatmu,

Herman O. Lantang


Ane demen sama kata kata bijaknya.
Di ig banyak tuh orang ndaki pake quotes nya banng Gieemoticon-2 Jempol
sungguh sosok yang menginspirasi
Suratnya bikin terharu

Langsung setel lagu jagostu mengenang soe hok gie
Quote:

Betul.....
nyimak doeloe gan
melegenda
Quote:


emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
Btw, Soe ho gie meninggal gara2 ap ya?
Quote:


iya gan, itu temen deketnya Soe
Mbah Gie seneng sama kritikan juga idealisme
sastra ya wajar dah
salut dah
Quote:


kalau yg aye baca2 om gie sama om idham ninggal lantaran ngirup gas beracun di mahameru
Quote:


Berarti kisahnya pas pendakian ke semeru 2 orang yang meninggal y gan??
Quote:


iya gan, dan ketua ekspedisinya om herman.
Sedihnya lagi om gie lusanya akan berulang tahun. Tapi Tuhan berkehendak lain emoticon-norose
Wah sedih juga, tp merupakan tokoh pemuda yg berpengaruh gan