alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Stok Aman, Harga Kebutuhan Pokok Terkendali
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a350b55d675d4e7498b4572/stok-aman-harga-kebutuhan-pokok-terkendali

Stok Aman, Harga Kebutuhan Pokok Terkendali

Stok Aman, Harga Kebutuhan Pokok Terkendali

PEMERINTAH memastikan harga sejumlah kebutuhan bahan pokok menjelang Natal dan tahun baru dalam kondisi terkendali. Ketersediaan pasokan atau stok pun diklaim aman.



Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengungkapkan, terkendalinya harga turut dipengaruhi permintaan masyarakat yang tidak terlalu signifikan.



Dalam artian, kenaikan permintaan kebutuhan bahan poko tidak terjadi serentak, melainkan hanya di sebagian daerah yang mayoritas warganya merayakan Natal.



"Dari pemantauan Kemendag per 15 Desember 2017, harga kebutuhan pokok dibanding bulan sebelumnya relatif stabil dan pasokan aman terkendali. Berdasarkan pengalaman empiris, biasanya kenaikan permintaan hanya di sebagian wilayah," ujar Tjahya di Jakarta, Sabtu (16/12).



Kementerian Perdagangan, terang dia, telah melakukan langkah antisipatif menghadapi momentum Natal dan tahun baru. Di antaranya dengan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait maupun daerah, khususnya yang merayakan Natal.



Keterlibatan pemangku kepentingan di daerah meliputi pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, satgas pangan daerah, Bulog Divisi Regional Daerah, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) dan pelaku usaha daerah seperti distributor dan ritel.



"Koordinasi yang kami lakukan di daerah tidak hanya rapat. Pemantauan langsung ke lapangan mulai dari pasar rakyat, ritel modern hingga gudang, juga kami lakukan," imbuh Tjahya.



Rapat koordinasi di daerah sejauh ini sudah menyasar wilayah Kalbar, Papua, Maluku, Papua Barat, Sulut, NTT, Kalteng, Yogyakarta, Jabar, Banten, Jateng, dan Sumut.



Hasilnya secara keseluruhan menunjukan kondisi stok atau pasokan kebutuhan bahan pokok di daerah cukup baik. Bahkan rata-rata ketahanan stok mampu memenuhi kebutuhan dua bulan ke depan. Dari aspek regulasi, pemerintah disebutnya telah menetapkan harga eceran tertinggi (HET) beras, gula, minyak goreng kemasan sederhana dan daging beku.



"Pengaturan HET bertujuan untuk menjaga lonjakan harga barang kebutuhan pokok. Kami juga sudah mengeluarkan kebijakan pendaftaran pelaku usaha distribusi barang kebutuhan pokok untuk mengantisipasi aksi-aksi spekulasi atau penimbunan. Selain itu, seluruh pihak memang harus bersinergi untuk menjaga dan mengendalikan harga pangan agar terus stabil," tegasnya.



Mengantisipasi cuaca ekstrem dengan curah hujan yang tinggi, pihaknya telah mengimbau pemerintah daerah serta pelaku usaha atau distributor untuk mempercepat penyetokan lebih awal. Pasalnya cuaca buruk berpotensi menghambat distribusi melalui transportasi laut. Terutama bagi daerah yang sangat bergantung terhadap pasokan dari Pulau Jawa. Beberapa daerah yang diketahui melakukan penyetokan awal ialah Bangka Belitung, Ambon dan Papua.



"Sempat khawatir cuaca buruk akan menghambat transportasi laut. Apalagi ada daerah yang menggantungkan pasokan dari Jawa. Tapi berdasarkan pantauan kami, daerah seperti Papua, Ambon dan Bangka Belitung, sudah nyetok di awal. Sehingga untuk kebutuhan Natal dan tahun baru sudah aman," tambah Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Ninuk Rahayuningrum.



Meski secara garis besar harga kebutuhan bahan pokok cenderung terkendali, namun dia tidak menampik terdapat komoditas yang mengalami kenaikan namun tidak signifikan.



Ninuk mencontohkan kenaikan harga beras jenis medium dari HET sekitar 5%. Hal itu disebabkan gabah dari produksi panen padi terakhir kualitasnya relatif lebih bagus dari biasanya. Sehingga petani menggeser jenis beras yang dihasilkan ke premium.



Maka dari itu, sambung dia, Bulog melakukan operasi pasar (OP) secara masif di seluruh wilayah utuk mengendalikan ketersediaan beras jenis medium.



"Tapi kan untuk kenaikan beras jenis medium tidak terlalu signifikan. Semoga pengaruh ke inflasinya kecil. Komoditas lain yang agak naik itu telur dan ayam. Ini karena curah hujan tinggi membuat ayam peternak harus beradaptasi, sehingga mempengaruhi produksi. Tapi nanti mendekati Natal dan tahun baru, harga telur dan ayam akan kembali stabil," pungkas Ninuk.



Senada, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian Agung Hendriadi memastikan stok kebutuhan bahan pokok sampai akhir tahun berstatus aman dan terkendali. Pihaknya terus melakukan pengawasan ketersediaan, distribusi maupun harga di berbagai wilayah sebagai bentuk antisipasi.



"Stok aman dan terkendali sampai akhir tahun. Ketersediaan kita cukup. Pengawasan terus kita lakukan baik dari sisi ketersediaan dan distribusi," imbuh Agung. (OL-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...ali/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Stok Aman, Harga Kebutuhan Pokok Terkendali Tingkatkan EoDB Indonesia Lakukan MoU Dengan Georgia

- Stok Aman, Harga Kebutuhan Pokok Terkendali Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa

- Stok Aman, Harga Kebutuhan Pokok Terkendali Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di