alexa-tracking

INDEF sebut utang pemerintah terus naik tapi penerimaan pajak cenderung turun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34fea85a516317748b4568/indef-sebut-utang-pemerintah-terus-naik-tapi-penerimaan-pajak-cenderung-turun
INDEF sebut utang pemerintah terus naik tapi penerimaan pajak cenderung turun
Merdeka.com - Bank Indonesia mencatat, utang Luar Negeri (ULN) Indonesia pada akhir Oktober 2017 mencapai USD 341,5 miliar atau tumbuh sebesar 4,8 persen secara year on year (yoy). Berdasarkan kelompok peminjam, pertumbuhan ULN didorong oleh peningkatan ULN sektor swasta dan sektor publik.
Direktur Eksekutif Institute for Development of Economy and Financial (INDEF) Enny Sri Hartati, menilai tambahan utang luar negeri tidak terlalu berhasil mendorong produktivitas nasional. Hal tersebut tercermin turunnya penerimaan negara, terutama dari sektor perpajakan.
"Yang jelas ketika Pemerintah ambil utang dan kalau utang itu efektif mendorong produktivitas nasional pasti penerimaan akan naik. Kenapa utangnya ditambah penerimaannya turun, artinya utang itu tidak produktif," ungkapnya kepada Merdeka.com, di
Jakarta , Sabtu (16/12).
Peningkatan utang harus didukung dengan naiknya produktivitas nasional yang berdampak pada naiknya penerimaan negara. Jika utang ditambah sementara penerimaan negara menurun, maka potensi naiknya risiko fiskal akan sangat tinggi.
"Pemerintah meningkatkan utang tapi tax ratio penerimaan pajak dari pemerintah terus turun. Itu kan kayak kita berhutang tapi berpotensi tidak mampu bayar. Tidak bisa refinancing. Itu yang dalam ekonomi kita sebut memiliki risiko fiskal yang tinggi," jelas Enny.
oleh karena itu, Pemerintah harus betul-betul menjaga ratio keamanan utang terhadap perekonomian nasional. "Harus diperhatikan ratio keamanan utang terhadap perekonomian. Itu kan tak hanya diukur dari ratio terhadap GDP atau ratio terhadap ekspor," katanya.
"Ini yang sering diabaikan. Seolah-olah sebelum utang mencapai 60 persen terhadap GDP, itu menjadi aman," sambungnya.
Proyek-proyek infrastruktur yang sedang dikerjakan secara masif pun masih belum memberikan sumbangan positif pada naiknya produktivitas. "Ini Infrastruktur dibangun tapi baik rumah tangga maupun industri mengalami kenaikan TDL yang terus menerus. Jadi mau bagaimana mau produktif," sambungnya.
Enny menambahkan proyek-proyek pembangunan yang sedang digalakkan Pemerintah, harus dipertajam lagi sehingga dapat mendorong produktivitas. "Memang infrastruktur, tapi infrastruktur yang mendorong confidence dunia usaha untuk berinvestasi. Yang menyebabkan peningkatan produktivitas dan daya saing nasional. Infrastruktur untuk kawasan industri, Infrastruktur untuk tersedianya energi yang murah," tandasnya.

https://m.merdeka.com/amp/uang/indef-sebut-utang-pemerintah-terus-naik-tapi-penerimaan-pajak-cenderung-turun.html

Waduh pasak cenderung membesar tapi tiang semakin mengecil jadilah besar pasak daripada tiang
emoticon-Leh Uga
makanya nasbung terlahir MISKIN dan BODOH
rame2 BUNUH DIRI SANA
kalian hanya BEBAN NEGARA
MISKIN ga mampu bayar pajak tapi beranak pinak malah suruh pemerintah tanggung

masa kemajuan negara ini semua di bebankan pada PENGUASA DUNIA?
emoticon-Ngakak
Yah hari gini masih ada yang maen cap auto nasbung...
emoticon-Wkwkwk
emoticon-Leh Uga

Terguncyang ya bos.
Cup cup cup
Gak usah frustasi dan ngamuk gajebo bre
emoticon-Wakaka
Pasukan nasi bungkus yang ngurus dapurnya sendiri aja belum becus, silahkan berdelusi di sini mendadak jadi profesor ekonomi

Waktu dan tempat dipersilahkan

emoticon-Leh Uga
Dan nastak tamatan SD merasa lebih pintar daripada direktur INDEF,
Iya deh percaya,
emoticon-Stick Out Tongue
Once more terguncyang detected...
emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga

Yang berpendapat INDEF, yang disalahin orang laen, langsung dicap autonasbung.

Monggo terguncyang berjamaah

emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
Quote:Original Posted By dmcarthur
Dan nastak tamatan SD merasa lebih pintar daripada direktur INDEF,
Iya deh percaya,
emoticon-Stick Out Tongue


emoticon-Wkwkwk
nastak cuma bisa nyalahin nasbung... sesuai arahan junjungan sih...

junjungan cuma bisa nyalahin yg sebelumnya.
berhutang itu, karena penerimaan kurang..

atau

buat menggenjot penerimaan?
pemerintahan yang cuman ngandelin pajak adalah suatu kebodohan. gak jauh beda sama pengemis manja yang ngandelin duit receh dipinggir jalan.
hutangnya bukan buat infra tapi buat gaji PNS, TNI POLRI dan pegawai /bos BUMN yang gajinya gede2, karena itulah gw malas bayar pajak, mereka yang ngutang kok kita yang suruh nalangin, pler lah emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata
wah gan boro2 mikirin utang negara, ane aja tadi nyari gas 3 kg dimana-mana langka. Ini gimana sih ah...
Quote:Original Posted By jeffrey.maulana
hutangnya bukan buat infra tapi buat gaji PNS, TNI POLRI dan pegawai /bos BUMN yang gajinya gede2, karena itulah gw malas bayar pajak, mereka yang ngutang kok kita yang suruh nalangin, pler lah emoticon-Lempar Bata emoticon-Lempar Bata


Ente yg malas bayar pajak atau emang ente yg gk pny objek pajak?


Angka apa sih yang naik di pemerintahan skarang ini selain utang, PHK, n buruh China?

"Memang infrastruktur, tapi infrastruktur yang mendorong confidence dunia usaha untuk berinvestasi. Yang menyebabkan peningkatan produktivitas dan daya saing nasional. Infrastruktur untuk kawasan industri, Infrastruktur untuk tersedianya energi yang murah," tandasnya.

=======
bukannya selama ini sudah, termasuk menggenjot pembangkit listrik bukan?

jadi selain itu,saran solusi konkritnya apa?
Quote:Original Posted By pembela.tuhan


Ente yg malas bayar pajak atau emang ente yg gk pny objek pajak?


gw punya NPWP dari lama nyet, tapi kagak gw laporin pajaknya dari bisnis, cuma yg gw laporin dari gaji bulanan, itu juga ditulis 0 karena masih PTKP, soal bisnis mana mau gw ngasih makan pemalas di KPP......emoticon-Betty emoticon-Betty

atau situ yang gak bayar palak ? emoticon-Hansip emoticon-Hansip
Quote:Original Posted By .megalomania.
nastak cuma bisa nyalahin nasbung... sesuai arahan junjungan sih...

junjungan cuma bisa nyalahin yg sebelumnya.


Ya gitu gan... Gak bisa nyari solusi tapi ngemis dan ngamuk minta solusi sesuai SOP... Gak usah jadi pemimpin kalo gak bisa nyari solusi.
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By jeffrey.maulana
gw punya NPWP dari lama nyet, tapi kagak gw laporin pajaknya dari bisnis, cuma yg gw laporin dari gaji bulanan, itu juga ditulis 0 karena masih PTKP, soal bisnis mana mau gw ngasih makan pemalas di KPP......emoticon-Betty emoticon-Betty

atau situ yang gak bayar palak ? emoticon-Hansip emoticon-Hansip


Ya bisnis jg gk semua kena pajak bos ku

Kalo ane mah sadar diri,tiap hari ane pake tuh jalan
Ntuh jalan kan dibikin bkn cm modal kunfayakun
"Bank Indonesia memandang perkembangan ULN pada Oktober 2017 tetap terkendali," kata BI dalam keterangan resmi, Sabtu (16/12/2017).
emoticon-Angkat Beer
solusinya setiap warga di hidungnya kasih meteran buat di tarik pajak bernafas atau pake kartu prabayar kaya e Toll emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak