alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34fd6cdac13ee3468b456c/difteri-di-kota-depok-renggut-satu-nyawa

Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa

Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa

WABAH penyakit difteri mulai berjangkit di Kota Depok dan merenggut nyawa satu anak. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kota Depok hingga kini sudah terdapat 12 orang penderita.



Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Noorzamanti Lies Karmawati membenarkan ada 12 warga Depok positif menderita Difteri. Bahkan satu di antaranya meninggal dunia. “Satu orang anak lelaki berusia 10 tahun meninggal dunia Juli 2017,“ bebernya di Depok, Sabtu (16/12).



Diungkapkan Lies, anak yang meninggal tersebut karena tidak mendapatkan vaksin difteri. Harusnya ia diberikan pengobatan karena dapat menularkan penyakit tersebut kepada orang-orang di sekitarnya. "Anak itu meninggal karena orangtuanya tidak mau memberi vaksin anaknya,“ ujar Lies.



Terkait hal tersebut, Lies menyarankan masyarakat untuk menghindari kontak dengan penderita atau suspect difteri. Apabila terjadi kontak segera dapatkan antibiotik dan lakukan pemeriksaan apus tenggorokan,



"Kami mengimbau masyarakat memeriksa status imunisasi rutin pada anak-anak, apakah sudah lengkap atau belum. Kalau belum (lengkap) harus segera dilengkapi. Satu-satunya cara untuk menangkal wabah difteri, warga yang berusia 1-19 tahun harus mendapatkan imunisasi pencegah difteri. Sebab difteri memang termasuk penyakit yang sangat mudah untuk ditularkan," ujarnya.



Bila di antara anggota keluarga ada yang terkena, hendaknya segera diisolasi agar tidak terjadi penularan. Di sisi lain Lies menyayangkan para orangtua yang masih enggan memvaksin anaknya atau antivaksin. "Masih cukup banyak orangtua yang antivaksin, dan enggan memberikan vaksin untuk anaknya di Kota Depok ini," imbuh dia.



Difteri disebabkan bakteri Corynebacterium Diphtheriae. Penyebaran bakteri ini berada di alam bebas dan dapat masuk ke tubuh terutama bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri.



Kuman difteri menyebar dengan cara seseorang menghirup cairan dari mulut atau hidung orang yang terinfeksi, dari jari-jari atau handuk yang terkontaminasi, dan dari susu yang terkontaminasi penderita.



"Penyakit ini bisa mengakibatkan kematian akibat sumbatan saluran napas atas atoksin yang bersifat patogen. Sehingga menimbulkan komplikasi miokarditis (peradangan pada lapisan dinding jantung bagian tengah), gagal ginjal, gagal napas dan gagal sirkulasi," urainya. (OL-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...awa/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur

- Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa Kementerian ESDM Uji Coba Penggunaan B30 Awal 2018

- Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa Jokowi Instruksikan BNPB dan Kementerian PUPR Tangani Gempa Tasik

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di