alexa-tracking

Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34fd62a09a394d0a8b456b/menkeu-30-dana-desa-untuk-mempekerjakan-warga-desa-yang-menganggur
Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur
Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur

SEBANYAK 30% dana desa yang digulirkan Pemerintah akan digunakan untuk mempekerjakan masyarakat desa yang belum memiliki pekerjaan. Alasan tersebut yang mendasari pemerintah melarang pelibatan kontraktor dari luar desa dalam proyek pembangunan yang bersumber dari dana desa pada 2018 mendatang.



Demikian disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati usai acara Diseminasi Dana Desa di GOR Gemilang Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (16/12).



"Dana desa yang digulirkan pemerintah sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat desa. (Sebanyak) 30% dari dana yang disalurkan ke tiap desa untuk mempekerjakan masyarakat setempat, sehingga 2018 nanti tidak boleh menggunakan kontraktor dari luar desa," ujar Sri Mulyani.



Sri Mulyani mengatakan, pemerintah menghendaki setiap pembangunan di desa yang bertujuan untuk pengentasan kemiskinan, dilakukan oleh masyarakat desa. Hal ini agar masyarakat mendapatkan pekerjaan untuk meningkatkan kesejahteraannya.



"Karena itu agar dilakukan secara transparan. Masyarakat diberi tahu berapa nilai proyek yang sedang dikerjakan, seperti untuk membuat saluran air, embung, dan fasilitas lainnya," kata Menkeu.



Namun demikian, menurut Sri Mulyani, tetap perlu adanya pendampingan agar masyarakat desa bisa mengidentifikasi dan melatih pengelolaan dan penggunaan dana itu. Ke depan, Menkeu dan Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal berupaya mengajak perusahaan-perusahaan besar untuk ikut membangun desa-desa yang masih tertinggal.



Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Eko Putro Sanjoyo, mengatakan, pelarangan penggunaan kontraktor dari luar dalam setiap proyek pembangunan desa agar dana desa bisa benar-benar dinikmati warga desa.



"Bila menggunakan kontraktor dari kabupaten/kota, (pihak) yang menikmati adalah orang kota," ujar dia.



Ia menyebut, pada 2018 nanti pemerintah akan kembali menggelontorkan dana desa sebesar Rp60 triliun. Dana tersebut disalurkan untuk 74.954 desa di seluruh wilayah Indonesia. (OL-6)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...gur/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur Difteri di Kota Depok Renggut Satu Nyawa

- Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur Kementerian ESDM Uji Coba Penggunaan B30 Awal 2018

- Menkeu: 30% Dana Desa untuk Mempekerjakan Warga Desa yang Menganggur Jokowi Instruksikan BNPB dan Kementerian PUPR Tangani Gempa Tasik

×