alexa-tracking

BPKB di gadai teman untuk usaha

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34cf1e94786870518b456e/bpkb-di-gadai-teman-untuk-usaha
shsh
hsjsdjn
Quote:Original Posted By lockon777
om suhu yang terhormat yang saya cintai.
ane sbg newbie yg awam hukum bertanya seputar gadai dan hukumnya.

jadi begi om suhu yang saya cintai. motor saya ini di gadai teman untuk usaha sebesar 5jt pada november 2016 dengan cicilan sebesar 671rb selama 11 bulan. pada saat berjalan 9bln tmn saya menghubungi saya untuk minta peraetujuan agar BPKB di gadai lagi 5jt untuk menutupi 2 bulan yg akan mendatang.
setelah digadai kembali dengan potongan 2bln tersebut dan memasuki cicilan ke 2 pada bulan desember 2017. teman saya mengancam tidak akan meneruskan bayaran yg seharusnya selesai november 2018 nanti.

semua ini di sebabkan karna pada awal menggadai motor saya dalam keadaan mati 3thn dan dia bersedia menanggung menghidupkan pajak motor saya sebagai syarat gadai dan sbg fee untuk saya selama 2 thn. setelah 1 thn berlalu dia mengungkit uang pajak motor saya yg di hidupkan kembali olehnya dan yg seharuanya menjadi fee saya selama dia meminjam. dia meminta saya membuat akun grab. tapi akun grab tersebut akan di pakainya sebagai pencarian tambahan untuk melunasi hutang cicilanya. tapi saya menolak karna saya jg butuh akun tersebut untuk mencari nafkah. lalu dia marah dan mengancam saya seperti itu.

pertanyaan saya.
1. jikalau motor saya sampai di tarik apakah saya bisa menuntut?
2. jikalau saya meminta pertanggung jawaban kepasa orang tuanya apakah boleh? dan orang tua tmn saya tersebut wajib mengganti?

terima kasih suhu yg saya cintai.
mohon pencerahanya dari manusia yg awam hukum ini.
BPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usahaBPKB di gadai teman untuk usaha


(1) Bisa, jika maksudnya menuntut ke teman agan.
(2) Bisa, sepanjang teman agan belum dewasa dan masih menjadi tanggungan ortunya (usia di bawah 21 tahun atau belum kimpoi).