alexa-tracking

Dampak Gempa di Pangandaran, Dua Luka Tertimpa Bangunan Rumah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34c4f3e05227981a8b4586/dampak-gempa-di-pangandaran-dua-luka-tertimpa-bangunan-rumah
Dampak Gempa di Pangandaran, Dua Luka Tertimpa Bangunan Rumah
Dampak Gempa di Pangandaran, Dua Luka Tertimpa Bangunan Rumah

DAMPAK gempa bumi dengan skala 7,3 SR yang terjadi pada pukul 23.47 WIB dengan pusat gempa di 43 Km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya- Jawa Barat telah menyebabkan berbagai bangunan di wilayah Kota/Kabupaten Tasikmalaya, Pangandaran, Ciamis, Banjar dan Garut telah menyebabkan sekolah, rumah dan mesjid mengalami kerusakan. Di Kabupaten Pangandaran tidak ada korban jiwa tetapi dua orang luka-luka tertimpa bangunan rumah.



"Kejadian yang terjadi pada malam hari masyarakat Kabupaten Pangandaran berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri menggunakan kendaraan bermotor dan mobil hingga ruas jalan mengalami kemacetan. Karena masyarakat panik adanya informasi terjadinya tsunami, tetapi kondisi air laut dalam kondisi normal," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pangandaran, Nana Ruhena, Sabtu (16/12).



Nana mengatakan kejadian tersebut telah mengakibatkan dua orang luka ringan yakni Saeful dan Aminem. Sementara kerusakan rumah tersebar di Kecamatan Parigi, Cijulang, Cimerak, Cigugur, Langkaplancar, Padaherang, Kalipucang, Pangandaran, Sidamulih dengan jumlah 88 rumah termasuk mesjid dan kantor dalam kondisi rusak ringan 29 unit, rusak sedang 13 unit dan rusak berat 21 unit.



"Untuk sekarang petugas masih terus melakukan upaya pendataan terhadap rumah yang mengalami kerusakan dengan mengirimkan bantuan sembako, tetapi rumah warga yang mengalami rusak berat telah direlokasi ke rumah saudaranya, Sekarang ini masyarakat masih banyak yang shock atas kejadian itu termasuk telah kembalinya warga yang sejak malam menyelamatkan diri menggunakan kendaraan," ujarnya.



Sementara kerusakan terjadi di Kota Banjar dengan jumlah 12 rumah rusak sedang dan tidak ada korban jiwa, tapi di Kabupaten Ciamis kerusakan rumah dalam kondisi sedang 40 unit, 15 rusak berat dan satu orang meninggal dunia bernama Hj. Dede Luthfi, 63, tertimpa bangunan rumah tetapi 6 orang luka-luka tertimpa genting rumah telah dilarikan ke RSUD Ciamis.



"Untuk korban yang meninggal tertimpa tembok bangunan rumahnya hingga masyarakat yang melihat langsung melakukan evakuasi hingga meninggal di RSUD Ciamis. Sementara korban lainnya yakni Lutfi Bahdim, 70, dan Ajat, 80, langsung dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani medis berjumlah 6 orang, tapi korban yang meninggal berencana akan dimakamkan siang menunggu putra dan putrinya," ujar Kepala Pelaksana BPBD Ciamis, Dicky Erwin Yuliadi.



Dicky mengatakan, kerusakan rumah berada di Ciamis berada di Kecamatan Sadanaya, Cikoneng, Banjarsari, Cidolog, Rancah, Ciamis, Banjaranyar, Cijeungjing, Cimaragas, Pamarican dan Sukadana.



"Petugas masih melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan ringan, sedang dan berat, tetapi untuk korban jiwa hanya satu orang yang sempat tidak sadarkan diri hingga meninggal dunia," tuturnya.



Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Tasikmalaya EZ Alfian mengungkapkan gempa bumi yang terjadi telah mengakibatkan 78 unit rumah mengalami kerusakan di Kecamatan Manonjaya, Cibalong, Puspahiang, Bantarkalong, Cipatujah Karangnunggal. Sedangkan dalam kejadian itu 7 orang luka antara lain, Dodoh, 52, Yanti, 35, dan Iyah, 55, dengan mendapatkan jahitan di kepala.



"Kantor Bupati Tasikmalaya mengalami rusak sedang dengan kondisi plapon mengalami kerusakan tetapi dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa tapi ada beberapa orang telah dilarikan untuk mendapatkan perawatan. Sementara kerusakan masih terus dilakukan pendataan dilakukan oleh tim dari BPBD, karena jumlahnya yang tercatat baru 100 unit rumah termasuk kantor dan mesjid," katanya.



Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya Soni Sudrajat mengatakan dampak kerusakan yang terjadi di Kota Tasikmalaya antara lain di SMKN 3 Kota Tasikmalaya dengan jumlah dua gedung mulai ruang kelas praktek Seni Rupa dan Ruang Teori dengan kondisi rusak berat.



Adapun data sementara kerusakan mulai dari sekolah, mesjid, kantor, RSU dan rumah berjumlah 20 unit. Sementara korban luka ada satu orang telah dilarikan ke RSUD dr Soekarjo menggunakan kendaraan Polsek Tamansari karena lukanya pada bagian muka dan kaki sebelah kanan.



"Kami masih terus berupaya melakukan pendataan terhadap jumlah rumah tersebar di 69 Kelurahan berada di 10 Kecamatan, tapi yang mengalami kerusakan di Tamansari dan satu sekolah dalam kondisi rusak berat. Sedanhkan untuk korban luka satu orang telah dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani secepatnya," paparnya. (OL-6)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...mah/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Dampak Gempa di Pangandaran, Dua Luka Tertimpa Bangunan Rumah Gunungkidul Siap Promosi Objek Wisata Pascabencana Siklon Tropis Cempaka

- Dampak Gempa di Pangandaran, Dua Luka Tertimpa Bangunan Rumah Megawati: Saya Bukan Anti Asing..

- Dampak Gempa di Pangandaran, Dua Luka Tertimpa Bangunan Rumah Utang Luar Negeri Indonesia Masih Terkendali