alexa-tracking

Asyik... Warga Ngawi Berebut Naik Kereta Mini Gratis

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34c002dad7707e6f8b4568/asyik-warga-ngawi-berebut-naik-kereta-mini-gratis
Asyik... Warga Ngawi Berebut Naik Kereta Mini Gratis
Asyik... Warga Ngawi Berebut Naik Kereta Mini Gratis
Asyik... Warga Ngawi Berebut Naik Kereta Mini Gratis
Sugeng Harianto - detikNews
Ngawi - Ratusan warga Ngawi, berebut naik kereta tua peninggalan zaman Belanda di Pabrik Gula (PG) Soedhono. Warga sangat antusias menaiki kereta mini yang dibuka gratis khusus hari ini di Kecamatan Geneng.

Selain bersenang-senang mengeliling area pabrik seluas 11 hektar, warga juga mendapat edukasi. Selama kurang lebih 1 jam kereta berjalan, penumpang berhenti 2 kali. Saat itulah warga diberi edukasi tanam bibit tebu dan cara pengolahan tebu menjadi gula.

Manager PG Soedhono Geneng, Nuril Huda mengatakan, pabrik milik PTPN XI yang berdiri sejak 1888 ini, jarang dikunjungi warga. Karena memang tidak untuk umum. Setelah dibuka, sekitar 600 warga mengunjungi pabrik ini pada hari libur Sabtu dan Minggu.



"Selama ini warga tidak pernah masuk ke area pabrik gula semenjak dibangun tahun 1888. Otomatis gebrakan ini disambut baik warga yang penasaran apalagi naik kereta mini kuno peninggalan zaman Belanda yang kita sediakan," kata Nuril kepada detikcom di lokasi, Sabtu (16/12/2017).

Nuril menambahkan PG Soedhono Geneng memberikan kebijakan melakukan kunjungan gratis untuk hari ini saja. Selanjutnya warga wajib membeli karcis retribusi sebesar Rp 7.500/orang baik anak maupun dewasa.

Pantauan detikcom, kereta mini yang ditarik lokomotif peninggalan Belanda itu dirangkai dengan 4 gerbong. Masing-masing gerbong bisa menampung 55 penumpang. Warga, utamanya dari sekolah TK diajak berkeliling melihat area pabrik yang memiliki ratusan item peninggalan Belanda sejauh 1 Km.



"Senang ini anak-anak saya bawa 39 murid bisa wisata ke PG Soedhono, biar mengenal wisata peninggalan zaman Belanda. Kita daftar antre kemarin pakai proposal, tidak sengaja kok momennya pas ada pembukaan ini gitu," jelas seorang guru TK Dharma Wanita Desa Gentong, Kecamatan Paron, Meka Mustika kepada detikcom.

PG Soedhono didirikan sejak tahun 1888 oleh perusahaan Verenigde Vorsendsche Cultural Maatschaapy (VVCM). Saat ini dengan jumlah karyawan 994, pabrik gula ini setiap tahun mampu memproduksi gula pasir sekitar 94.00 ton. (fat/fat)

Sumber >= https://m.detik.com/news/berita-jawa-timur/d-3772604/asyik-warga-ngawi-berebut-naik-kereta-mini-gratis
image-url-apps
Ngawi ki ndeso yo? emoticon-Bingung
×