alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Perjalanan Tol Bocimi yang Disebut Jokowi Mangkrak 18 Tahun
1 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a349fe16208818b408b456a/perjalanan-tol-bocimi-yang-disebut-jokowi-mangkrak-18-tahun

Perjalanan Tol Bocimi yang Disebut Jokowi Mangkrak 18 Tahun

Jakarta - Proyek pengerjaan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang sudah mangkrak selama 18 tahun ditargetkan selesai pada pertengahan 2019 mendatang. Hal tersebut diungkapkan Presiden Jokowi Dodo (Jokowi) dalam kunjungannya ke Sukabumi hari ini.
Jokowi menjelaskan,proyek tesebut dimulai sejak tahun 1997 yang kemudian terus tersendat karena terus ganti investor hingga 4 kali dan akhirnya diambil alih oleh BUMN untuk dilanjutkan proses pembangunannya.
"Namanya tol Bocimi, sudah sejak tahun 1997, sampai 2015 maju semeter aja enggak," kata Jokowi saat meninjau progres pembangunan waduk Sukamahi dan Ciawi di Sukabumi, Jumat (15/12/2017)

Bagaimana sih sejarah jalan tol ini?
Mengutip data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Jumat (15/12/2017), diketahui, pemenang lelang investasi jalan tol yang diperkirakan bakal menelan biaya Rp 7,7 triliun ini telah ditetapkan sejak tahun 1997.
Namun, tanda tangan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) oleh Konsorsium Bukaka Teknik Utama baru dilakukan pada tahun 2007, atau berselang 10 tahun sejak penetapan pemenang.
Konsorsium saat itu memiliki komposisi PT Bukaka Teknik Utama sebesar 35%, PT Graha Multitama Sejahtera 32,5% dan PT Karya Perkasa Insani menguasai 32,5% saham PT Trans Jabar Tol, pengelola Jalan Tol Bocimi
Meski PPJT sudah diteken, namun pekerjaan konstruksi belum juga dikerjakan. Baru pada April 2011, pencanangan atau yang umum dikenal dengan istilah groundbreaking jalan tol Bocimi dilakukan. Namun pekerjaan konstruksi tak juga dimulai.

Pada tahun 2011, juga terjadi perubahan struktur pemegang saham. Grup Bakrie menjadi pemegang saham pengendali atas PT Trans Jabar Tol. Komposisi pemegang saham kala itu adalah Bakrie Toll Road 60%, PT Marga Sarana Jabar 25% dan PT Bukaka Teknik Utama 15%.
Dengan pemegang saham baru, groundbreaking kedua tol Bocimi dilakukan pada Desember 2011. Namun, hal ini tak memberi banyak perubahan. Konstruksi tol Bocimi tetap belum bisa dilakukan.
Tahun 2014, Grup MNC mengakuisisi PT Bakrie Toll Road yang merupakan anak usaha Grup Bakrie yang menguasai 5 ruas jalan tol termasuk Bocimi. Bakrie Toll Road pun berganti nama menjadi MNC Toll Road. Sejak saat itu, penguasaan tol Bocimi secara resmi berpindah tangan dari Grup Bakrie ke Grup MNC.
Pasca pengambilalihan, Grup MNC menargetkan groundberaking ketiga bisa dilakukan pada awal tahun 2015. Sayang, hal itu urung dilakukan hingga akhirnya terjadi perubahan pemegang saham lagi.
Tahun 2015, PT Waskita melalui anak usahanya Waskita Toll Road secara bertahap mengambil alih kepemilikan jalan tol-jalan tol yang dikuasai MNC Toll Road. Pengambil alihan dilakukan dengan cara membentuk perusahaan patungan antara MNC dan Waskita yang diberi nama MNC Trans Jawa Toll Road.
Terakhir, saham MNC Trans Jawa Toll Road diakuisisi sepenuhnya oleh Waskita Toll Road sehingga anak usaha BUMN ini menjadi pemlik utama sejumlah jalan tol yang di dalamnya terdapat jalan tol Bocimi.
Struktur pemegang saham PT Trans Jabar Tol pun berubah lagi menjadi, PT Waskita Toll Road sebesar 81%, PT Bukaka Mega Investama sebesar 10,14% dan PT Jasa Sarana menguasai 8,22%.
Tak berlama-lama, pada Februari 2015, groundbreaking dilakukan untuk konstruksi seksi I jalan tol Bocimi dengan rute Ciawi-Cigombong. Groundbreaking kali ini menjadi groundbreaking terakhir karena sejak saat itu, pekerjaan fisik jalan tol mulai benar-benar menunjukkan wujudnya.
Juni 2016, Jokowi menyambangi proyek jalan tol ini dan memerintahkan pembangunan jalan tol ini segera dikebut. Saat ini proses pembebasan lahan sudah hampir 100% dan progres konstruksi sudah mendekati 50%.

https://m.detik.com/finance/infrastruktur/d-3771792/perjalanan-tol-bocimi-yang-disebut-jokowi-mangkrak-18-tahun

alon2 asal kelakon ae
yg menikmati tol bocimi Juga org jabar dan sekitarnya
Urutan Terlama
Ya bener alon2 waton kelakon, soalnya urusannya duit. Banyak juga pos2 yang juga membutuhkan perhatian.
Quote:


Di dwp ada kamar mandinya gak gan ?
:cih
Quote:


Tanya sama bang japar
Gpp, seperti halnya juga program yg dirancang skr tapi mangkrak, setidaknya akan dilanjutkan di periode mendatang seperti proyek ini.. Dengan asumsi yg periode selanjutnya itu emg care nyelesein yg udah ada..
dari grup bukaka punya opa jk. sampe hary tanoe gak sanggup kerjain... padahal ane kira bocimi msh mnc yg ngerjain.. dlu pnh gembar gembor di lido ada kerjasama sama donald trump... emoticon-Malu (S)
ditargetkan selesai pada pertengahan 2019 mendatang.

Yakin tuh 2019 kelar ? emoticon-Big Grin
Seksi 2 aja blum mulai pembebasan sama sekali lho, trus lanjut lagi seksi 3 ?
Apalagi rampung 3 seksi sekitar Jun - Jul 2019 ? emoticon-Amazed

Lain hal kLau pembebasan lahan pakai gaya China atau Amerika yg cenderung pemaksaan emoticon-Embarrassment
Semoga lancar dan cepat selesai
Sakti semua...
emoticon-Mewek
Quote:

Ane kirain bisnis jalan tol kaga taunya jual beli saham.
Waskita beli berapa duit itu sahamnya ?

Quote:


mau kocok ya emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
banyak mafianya gan, kerjasama dgn oknum dalam

kudu disikat2in tuh penganggu pembangunan



Quote:


Quote:

kata siapa Seksi 2 belum pembebasan sama sekali ?
Quote:


terima kasih pakde emoticon-Salaman


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di