alexa-tracking

1.200 Ruang Kelas tanpa Meja-Kursi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a349b7862088132798b4568/1200-ruang-kelas-tanpa-meja-kursi
1.200 Ruang Kelas tanpa Meja-Kursi
1.200 Ruang Kelas tanpa Meja-Kursi

SEBANYAK 1.200 ruang kelas sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tak punya meja-kursi (meubelair). Para pelajar pun terpaksa duduk di lantai beralas keramik untuk belajar.



Di SD Negeri 04 Mekarsari, Tambun, Kabupaten Bekasi, misalnya. Sekolah yang baru kelar dibangun pada pertengahan November 2017 itu belum memiliki meja-kursi. Namun, meski harus duduk lesehan di lantai, para siswa tetap semangat belajar, termasuk menjalani ujian akhir semester (UAS).



Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Agus Supratman mengatakan keadaan itu terjadi di ruang kelas yang baru saja selesai dibangun.



Ia mengakui pengadaan meja-kursi itu tak berbanding lurus dengan getolnya pembangunan ruang kelas baru. Pasalnya pengadaan meja-kursi saat ini diserahkan juga ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) selaku penanggung jawab pembangunan ruang kelas baru itu.



“Organisasi perangkat daerah (OPD) sepakat pengadaan meubeler diserahkan kepada Dinas PUPR yang dibarengi dengan kegiatan pembangunan,” kata Agus, kemarin.



Ia menambahkan, dalam APBD 2018 sudah dianggarkan pembelian meja-kursi untuk 600 ruang kelas sebesar Rp30 miliar. Sisanya, 600 ruang kelas lagi, akan dianggarkan pada tahun anggaran (TA) 2019.



Untuk mengatasi keadaan darurat tersebut, SD Negeri 04, Mekarsari, terpaksa meminjam beberapa bangku dan meja dari Kantor Desa Mekarsari. Itu pun tentunya tidak cukup. “Akhirnya, kami pinjam kursi dari kantor desa dan beberapa dari ruang guru,” terang Agus.



Suparjo, salah satu guru kelas VI SDN 04 Mekarsari, menuturkan kondisi yang dialami siswa tempat ia mengajar menjadikan kegiatan belajar-mengajar terganggu. Hal itu disebabkan lambannya koordinasi dari dinas terkait dalam hal pengadaan sarana dan prasarana sekolah.



“Proses belajar-mengajar jadi terganggu,” dia menegaskan.



Setidaknya ada empat kelas baru yang belum memiliki bangku dan meja belajar. Suparjo berharap pemerintah segera melakukan pengadaan mebel.



Sekretaris Dinas PUPR Kabupaten Bekasi Henri Lincon mengakui terlambatnya pengadaan meja-kursi itu akibat adanya kesalahan administrasi. Ia berjanji semua itu akan diselesaikan melalui pengadaan pada 2018.



”Ini akan menjadi evaluasi kami. Ke depan, permasalahan seperti ini tidak terulang,” dia menegaskan. (Gan/J-1)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...rsi/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- 1.200 Ruang Kelas tanpa Meja-Kursi Laut Bercerita Biru Laut

- 1.200 Ruang Kelas tanpa Meja-Kursi Gempa Dirasakan di Pantura 1 Warga Tewas Tertimpa Bangunan

- 1.200 Ruang Kelas tanpa Meja-Kursi Satu Meninggal Tertimpa Bangunan, Gempa Susulan Kembali Terjadi di Tasikmalaya