alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a348d37c1cb1718068b4574/berlanjut-moratorium-bangun-hotel-baru

Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru

Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru

PEMERINTAH Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memperpanjang moratorium pembangunan hotel baru hingga satu tahun terhitung sejak akhir masa moratorium yang sebelumnya berakhir pada 31 Desember. “Artinya, moratorium akan berlaku hingga 31 Desember 2018,” kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Jumat (15/12). Pemerintah Kota Yogyakarta memoratorium izin pembangunan hotel sejak 1 Januari 2014 hingga 31 Desember 2016. Setelah itu, moratorium diperpanjang hingga 31 Desember dan akan diperpanjang lagi selama satu tahun.



Dinas Perizinan dan Penanaman Mo­dal Kota Yogyakarta membatalkan izin mendirikan bangunan (IMB) 13 hotel baru, sebab investor tidak membangun meski telah mengantongi IMB. “Kami sudah menyampaikan kepada para investor. Izin yang sudah ada batal demi hukum,” kata Kepala Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Kota Yogyakarta Heri Karyawan. Dia menjelaskan IMB memiliki masa berlaku enam bulan yang bisa dua kali diperpanjang. Akan tetapi, lanjut dia, IMB dinyatakan batal demi hukum bila tidak terjadi pembangunan dalam 18 bulan sejak penerbitan IMB.



Heri memastikan investor yang kehilangan IMB tidak lagi dapat mengajukan izin pembangunan hotel baru karena sudah diberlakukan moratorium. Dia memaparkan, sebelum pemberlakuan moratorium, sebanyak 104 investor mengajukan permohonan pembangunan hotel. Dari jumlah itu, 87 izin telah diterbitkan dan 17 masih dalam proses. Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istidjab Danunagoro menyambut positif perpanjangan moratorium karena okupansi hotel di DIY masih rendah. Ia menyebut rerata tingkat hunian hotel berbintang di Yogyakarta pada tahun ini kurang dari 60%, sedangkan untuk hotel nonbintang hanya 37%.



Destinasi unggulan

Setelah menjadi juara umum pesona wisata Indonesia 2017, Provinsi Riau berambisi untuk fokus ke pengembangan potensi pariwisata berbasis keindahan alam dan kekayaan budaya. “Ada tiga destinasi dan event unggulan Riau yaitu ombak bono, bakar tongkang, dan pacu jalur,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman. Fahmi menjelaskan pengembangan pariwisata memerlukan sisi atraktif, aksesibilitas atau transportasi ke lokasi, dan amenitas atau kebutuhan dasar infrastruktur di lokasi wisata seperti penginapan.

Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat menilai Cirebon, Jawa Barat, memiliki potensi wisata yang sangat besar. Apalagi, Cirebon sudah masuk menjadi jalur wisata maritim dunia. Karena itu, kapal pesiar telah rutin berkunjung dan berwisata di Cirebon.



Hanya, lanjut Arief, selama ini kapal pesiar terkendala oleh dangkalnya Pelabuhan Cirebon. “Pelabuhan kita terlalu dangkal sehingga kapal-kapal besar tidak bisa masuk ke sini, termasuk kapal pesiar,” kata Arief. Akibatnya, turis harus menaiki sekoci atau kapal kecil lain untuk bisa ke dermaga Pelabuhan Cirebon. Arief mengkritisi minimnya peran pemerintah daerah dalam menata kondisi pariwisata, seperti penataan pedagang kaki lima di sekitar area keraton.



Deputi Hukum dan Pengendalian Internal PT Pelindo II Pelabuhan Cirebon Iman Wahyu mengaku sudah menerima rencana induk pelabuhan (RIP) dari Kementerian Perhubungan. Dengan demikian, sambungnya, revitalisasi Pelabuhan Cirebon bisa segera dilakukan. “Paling lambat pertengahan 2018,” kata Iman. Revitalisasi Pelabuhan Cirebon, imbuh dia, ditargetkan selesai selama 2 tahun sehingga dermaga baru bisa digunakan pada 2020. (AU/RK/RF/LN/JH/LD/UL/WJ/N-1)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...aru/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru Ed Sheeran Duet dengan Andrea Bocelli

- Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru Napi Narkoba Betah di Dalam LP

- Berlanjut, Moratorium Bangun Hotel Baru Dampak Sementara Gempa 7,3 SR di Kabupaten Tasikmalaya

Urutan Terlama


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di