alexa-tracking

Logistik Natal dan Tahun Baru Aman

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a347ed012e25738358b4580/logistik-natal-dan-tahun-baru-aman
Logistik Natal dan Tahun Baru Aman
Logistik Natal dan Tahun Baru Aman

KESIAPAN logistik pada pelaksanaan musim libur Natal dan Tahun Baru terpantau pada level yang aman. Masyarakat dapat pergi berlibur pada akhir tahun ini tanpa perlu khawatir terhadap ketersediaan pasokan uang tunai dan bahan bakar minyak (lihat grafis).

Bank Indonesia (BI) dan perbankan telah menyiapkan uang Rp193,9 triliun pada musim libur kali ini. Demikian juga Pertamina telah menambah stok pasokan BBM dan menjamin ketersediaan gas elpiji, baik subsidi dan nonsubsidi. Dari sisi tranportasi publik, pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah melakukan pemeriksaaan terhadap keamanan dan ketersediaannya.



BI menyatakan uang tunai siap edar senilai Rp193,9 triliun pada periode Natal dan Tahun Baru sebagai bentuk pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kita siap dengan menyediakan uang pecahan kecil dan besar hingga Rp193,9 triliun,” kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Eni V Panggabean seperti dikutip Antara. Eni menjelaskan kebutuhan masyarakat untuk uang tunai akan dipenuhi oleh layanan kas untuk masyarakat yang tersebar di seluruh NKRI, termasuk di seluruh jaringan kantor BI dan perbankan, yaitu 155 titik distribusi, 44 satuan kerja kas dan 111 kas titipan.



Bank Mandiri menyiapkan dana Rp16,39 triliun, naik 2,3% jika dibandingkan realisasi tahun lalu. Nilai tersebut juga meningkat 62% dari rata-rata kebutuhan bulanan dana tunai pada periode Januari-November 2017. Corporate Secretary Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan pihaknya memastikan kecukupan pasokan uang untuk mengisi ATM, menjaga ketersediaan infrastruktur, dan sistem operasional ATM agar kenyamanan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan jelang Natal dan Tahun Baru tetap terjaga.



Bentuk satgas

PT Pertamina (persero) membentuk satuan tugas (satgas) untuk memastikan pasokan BBM dan elpiji tidak tersendat. SVP Fuel Marketing & Distribution Pertamina Gigih Wahyu Hari Irianto mengatakan pihaknya memperkirakan konsumsi BBM dan LPG akan mengalami peningkatan seperti jenis premium sebesar 2%, pertalite 12%, pertamax 7%, pertamina turbo 15%, dexlite 10%, pertamina dex 12%, avtur 11,5%, dan elpiji 4%, tetapi solar turun 6%. Oleh karena itu, pihaknya telah mulai meningkatkan stok sejak awal bulan ini.



“Upaya-upaya yang kami lakukan ini demi kenyamanan dan ketenangan masyarakat menikmati masa libur Natal dan Tahun Baru. Peningkatan stoknya sudah dimulai sejak 1 - 17 Desember,” katanya. Beberapa lokasi perlu perhatian khusus, terutama di Sumatra Utara, Sulawesi Utara, Maluku dan Papua, dan NTT karena permintaan BBM dan gas akan meningkat signifikan di atas 10%. Kementerian Perhubungan menyarankan­ masyarakat untuk mudik lebih awal pasalnya puncak lalu lintas udara dan darat diprediksi terjadi pada 22 sampai 24 Desember. “Kami mengimbau yang sudah libur dan cuti untuk mudik lebih awal,” kata Menhub Budi Karya Sumadi. (E-1)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...man/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Logistik Natal dan Tahun Baru Aman Kasus Aldo Febrianto Hanya Urusan Internal Polda NTT

- Logistik Natal dan Tahun Baru Aman Pemprov Efisienkan Perjalanan Dinas

- Logistik Natal dan Tahun Baru Aman NasDem-Golkar Usung Paket Baru di NTT

×