alexa-tracking

RI Kerja Sama Perdagangan dengan Cile

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a347023dcd770c66b8b456e/ri-kerja-sama-perdagangan-dengan-cile
RI Kerja Sama Perdagangan dengan Cile
RI Kerja Sama Perdagangan dengan Cile

MENTERI Perdagangan Enggartiasto Lukita meminta pelaku usaha dari Indonesia dan Republik Cile untuk memanfaatkan kesepakatan kerja sama ekonomi komprehensif (IC-CEPA) dalam upaya meningkatkan nilai perdagangan bilateral. “Dengan ditandatanganinya IC-CEPA, perdagangan kedua negara akan meningkat karena akses pasar yang lebih baik. Saya dorong pelaku usaha kedua negara untuk memperbanyak kerja sama dan hubungan investasi,” kata dia pada Indonesia-Cile Business Forum, di Santiago, Cile, Kamis (14/12) waktu setempat, seperti dikutip dari Antara.



Sebelumnya, Enggartiasto dan Menteri Luar Negeri Cile Heraldo Munos menandatangani IC-CEPA yang akan menghapuskan tarif bea masuk produk Indonesia untuk 7.669 pos tarif atau hampir 90% dari seluruh pos tarif Cile. Dari sisi Indonesia, akan ada penghapusan tarif bea masuk sebesar 0% terhadap 9.308 pos tarif Indonesia, yang mencakup 93,1% ekspor Cile. Indonesia juga memberikan pengurangan tarif sebesar 25%-50% untuk 590 produk lainnya. Selama ini, kata dia, wilayah Ame­rika Latin termasuk Cile bukan negara tujuan ekspor yang populer bagi pelaku usaha Indonesia. Banyak yang beranggapan Cile terlalu jauh dan biaya logistik akan tinggi.



Enggartiasto menyatakan beberapa dampak positif disepakatinya IC-CEPA antara lain bahan baku yang dibutuhkan pelaku usaha dalam negeri dikenai tarif 0%, mendukung perkembangan industri hotel dan restoran dalam negeri, dan mendapat pilihan akses pasar untuk produk berkualitas. “Cile ialah salah satu perekonomian terbaik di wilayahnya. Cile juga memiliki lokasi strategis dan mempunyai garis pantai terpanjang dan tepat sebagai hub produk-produk Indonesia dalam mengakses pasar Amerika Latin,” ujar Enggartiasto.

Menteri Luar Negeri Cile Heraldo Munos mengatakan pemerintah Cile membuka pintu pada Indonesia untuk meningkatkan kinerja perdagangan kedua negara dan harus dimanfaatkan para pelaku usaha.



“Dunia makin kompleks, banyak proteksi. Cile berkomitmen untuk terbuka dan harus dimanfaatkan pelaku usaha,” kata dia. Kinerja perdagangan kedua negara dalam kurun waktu lima tahun terakhir pada periode 2012-2016 menurun 12,09%. Pada 2012, nilai perdagangan sebesar US$381,99 juta dan menurun cukup tinggi menjadi US$227,15 juta pada 2016. Untuk total transaksi pada 2016 menurun 29,28% ketimbang tahun sebelumnya. (E-3)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...ile/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- RI Kerja Sama Perdagangan dengan Cile Surplus Neraca Perdagangan Tahun ini Naik Tajam

- RI Kerja Sama Perdagangan dengan Cile Atasi Banjir Jakarta dari Hulu

- RI Kerja Sama Perdagangan dengan Cile 2 Meninggal dan Ratusan Rumah Rusak akibat Gemp 6,9 SR