alexa-tracking

Akhir Manis Perjuangan Para Buruh Es Krim Aice

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a34691a1854f711548b4568/akhir-manis-perjuangan-para-buruh-es-krim-aice
Akhir Manis Perjuangan Para Buruh Es Krim Aice
http://wow.tribunnews.com/2017/12/12...h-es-krim-aice

Akhir Manis Perjuangan Para Buruh Es Krim Aice

Quote:Akhir Manis Perjuangan Para Buruh Es Krim Aice
Selasa, 12 Desember 2017 16:53

TRIBUNWOW.COM - Setelah dua kali melakukan aksi mogok, akhirnya para buruh Aice berhasil diangkat menjadi buruh tetap.
Serikat Gerakan Buruh Bumi Indonesia (SGBBI) PT Alpen food Industry (AFI) telah mencapai kesepakatan terhadap pengusaha PT AFI.

Hal ini didasarkan atas Surat Keputusan Nomor 022/SK-KARTAP/AFI/XII/2017 tentang Pengangkatan 665 Karyawan PT AFI.

Selain itu, juga didasarkan pada perjanjian bersama antara kedua pihak yang diteken pada 11 Desember 2017.

Dalam surat tersebut, tertulis bahwa 665 buruh telah diangkat menjadi buruh tetap.

Jumlah tersebut termasuk para buruh yang telah dikenai pemutusan hubungan kerja (PHK).

Tercapainya kesepakatan ini pun membuat para buruh urung melakukan aksi mogok untuk yang ketiga kalinya.

Sebelumnya, para buruh berencana untuk melakukan mogok kerja pada 12 Desember 2017 hingga 12 Januari 2018.

Kesepakatan ini tertuang dalam siaran pers yang dibagikan oleh akun Twitter @pembebasanbdg.

Diketahui, para buruh telah melakukan pemogokan kerja sebanyak dua kali pada Oktober hingga November 2017 ini.

Pemogokan tersebut merupakan bentuk protes karena PT AFI dianggap tidak memperhatikan kesejahteraan para buruhnya.

Buruh Aice adalah buruh kontrak yang diupah menurut kehadiran (buruh harian) dengan upah pokok sebesar Rp 3,5 juta per bulan.

Namun upah tersebut masih dipotong dengan perhitungan upah pokok dibagi dengan jumlah hari kerja pada bulan tersebut.

Ironisnya, pemotongan ini tetap berlaku jika buruh tidak hadir dengan alasan apapun, termasuk alasan sakit.

Perusahaan AICE juga mempekerjakan buruh dengan sistem kontrak berkepanjangan.

Kontrak berkepanjangan ini bisa dilakukan 4 hingga 8 kali perpanjangan.

AICE juga menggunakan pihak ketiga yakni PT. Mandiri Putra Bangsa sebagai penyedia jasa tenaga kerja (outsourcing) yang merupakan para pekerja/buruh.

Karena melalui pihak ketiga tersebut, banyak buruh yang pada proses melamar kerja, menggunakan jasa penyalur dan calo.

Mereka membayar Rp 2 hingga Rp 3,5 juta untuk menjadi buruh kepada penyalur dan calo.

Pada proses prekrutannya, perusahaan melakukan penahanan ijazah calon buruh, dan hanya digantikan dengan tanda terima saja.Dalam statusnya, PT. Alpen Food Industry juga kerap mempekerjakan buruh tanpa Surat Perjanjian Kerja (SPK).

Praktiknya, buruh tidak mendapatkan tunjangan makan, tunjangan transport, cuti melahirkan, cuti tahunan, dan pembayaran lembur bersifat tetap (flat).

Bagi yang ingin mengajukan cuti melahirkan, buruh perempuan disuruh mengundurkan diri.

Buruh juga kerap terpapar amoniak dari ruangan pendingin dan soda api pembersih cetakan.

Paparan amoniak dapat menyebabkan para buruh mengalami gangguan pernapasan dan gatal-gatal.

Sementara, paparan soda api menyebabkan mata merah.

Hal ini berbanding terbalik dengan fakta sejumlah 50 persen buruh tidak diikutkan dalam program BPJS Kesehatan. (*)


Syukurlah akhirnya bisa beres. Silakan makan es krimnya lagi dengan bebas rasa bersalah--
Marketing nya GOBLOK. Buka outlet dah banyak banget. Lama2 eneg ama nih eskrimvemoticon-Najis
murah, cuma 2k

tapi langsung direspon sama woles...

emoticon-Big Grin
es krimnya enak, rasanya unik, dibanding eskrim yg lain
Syukurlah kalo sudah clear masalahnya
Alhamdulillah selesai juga.

Jangan naik ya harganya.
ena iki murah emoticon-Big Grin
simbiosis mutualisme donk...biar buruhnya jadi tambah semangat kerjanya.

emoticon-Ngakak
enak kok ni produk emoticon-Leh Uga
Baguslah kalau begitu
Quote:Original Posted By ngeri.tenan
murah, cuma 2k

tapi langsung direspon sama woles...

emoticon-Big Grin


Cepet habis juga yang woles
Alhamdulillah, jangan kasih harapan palsu ya.

Akhir Manis Perjuangan Para Buruh Es Krim Aice

es krim rasa mangga, bentuknya juga dibikin mirip mangga emoticon-Wkwkwk
Bagus sih. Ini hak karyawan
Masa kerja kudu bayar. Emang breng sek

Tapi kemarin beli pertama kali yg corong
Anjir 2500 itu rasanya enak banget. Lembut. kaya paduan ubi ama bluberry

Beneran yakin bakal ngalahin eskrim dinding
habis ini harganya naik, trus ga laku dan bangkrut
Quote:Original Posted By ngeri.tenan
murah, cuma 2k

tapi langsung direspon sama woles...

emoticon-Big Grin


mendadak langsung nongol iklan
"woles xxx, dua ribuh ajah!!"
emoticon-Leh Uga
Setelah ada kesepakatan, jangan ngibul ya...
Macam si....
es krim singapore ini ya ??
murmer
beli 12rb dpt 5 biji emoticon-Big Grin
eskrim murah rasanya lumayan.....konsep bisnisnya ga masuk akal sih sebenernya....profitnya gimana ya itu mana saingan sama tembok dan tenda, belum lagi si basket, belanda atau itali emoticon-Ngakak
Enak eskrimnya, tapi mungkin bakal naik harganya