alexa-tracking

UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3454061ee5df8f7f8b456f/ue-siap-lanjutkan-perundingan-brexit
UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit
UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit

PARA pemimpin Uni Eropa (UE) siap memasuki tahap berikutnya dalam negosiasi keluarnya Inggris dari UE (Brexit) setelah memuji proposal yang diajukan Perdana Menteri Inggris Theresa May. Ke-27 negara anggota UE menyepakati telah ada kemajuan signifikan dalam proses negosiasi Brexit terkait dengan sejumlah isu penting termasuk jumlah dana yang harus dibayarkan Inggris saat meninggalkan UE dan perbatasan Irlandia. Namun, UE juga menegaskan, meskipun mereka akan mulai membicarakan transisi pasca-Brexit pada Januari, blok ekonomi itu dipastikan tidak akan menggelar pembica­raan mengenai perdagangan dengan Inggris hingga Maret karena mereka masih butuh kejelasan dari ‘Negeri Ratu Elizabeth’ itu mengenai target mereka pascameninggalkan UE pada 2019.



Setelah May berpidato dalam acara makan malam resmi di Brussels pada Kamis (14/12), para pemimpin UE memberikan sambutan meriah sembari mengatakan Inggris dengan jelas mengungkapkan apa yang mereka harapkan dalam waktu dekat. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan May telah memberikan tawaran yang bagus sehingga ke-27 negara anggota UE merasa puas dengan perkembangan yang terjadi. Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menyebut May sebagai operator politik yang andal dan tidak bisa diremehkan.

“Kini ada dua hal yang penting. Yang pertama ialah kita meresmikan kesepakatan yang dicapai pada Jumat lalu dalam sebuah perjanjian resmi,” ujar Rutte.



May menyepakati kesepakatan pisah dengan UE dengan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker pada Jumat (8/12) setelah perundingan sepanjang malam yang mengakhiri perundingan selama berbulan-bulan.



Sanksi Rusia

Para pemimpin UE juga menyepakati untuk memperpanjang sanksi ekonomi terhadap Rusia akibat upaya ikut campur ‘Negeri Beruang Merah’ itu pada masalah dalam negeri Ukraina. Sanksi itu diperpanjang selama enam bulan ke depan. Hal itu diungkapkan Presiden UE Donald Tusk. “UE sepakat memperpanjang sanksi ekonomi untuk Rusia,” ungkap Tusk selepas pertemuan para pemimpin UE di Brussels. UE menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap Rusia setelah pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 ditembak jatuh di atas Ukraina pada Juli 2014 dan menewaskan 298 penumpang dan awak kapal. UE menyebut pemberontak pro-Rusia bertanggung jawab atas insiden itu.



Keputusan untuk memperpanjang sanksi terhadap Rusia itu dilakukan dalam pertemuan di Brussels bersamaan dengan UE meluncurkan kesepakatan pertahanan baru mereka. Tusk menyebut kesepakatan pertahanan baru yang diresmikan dengan para pemimpin UE diapit para prajurit berpakaian tempur sebagai ‘kabar buruk untuk musuh-musuh kami’.



Keputusan memperpanjang sanksi untuk Rusia itu dilakukan setelah Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan penjelasan kepada para pemimpin UE lainnya terkait dengan Kesepakatan Minsk. Kesepakatan Minsk ialah kesepakatan damai yang dimotori UE dan didukung Moskow serta Kiev. Kesepakatan ini pertama kali dicapai pada 2014 dan dievaluasi pada 2015. Kesepakatan ini dilanggar hampir setiap hari oleh kedua pihak. “Sanksi ini dilanjutkan karena minimnya implikasi dari Kesepakatan Minsk,” ujar juru bicara Tusk, Preben Aamann. (AFP/I-2)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...xit/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa

- UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit Solusi Dua Negara Terbaik untuk Palestina

- UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit Kota Berlin Surganya Babi Hutan