alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Media Indonesia /
Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3453fd12e257d70a8b4576/aktivis-antiapartheid-kritik-partai-penguasa

Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa

Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa

PARTAI Kongres Nasional Afrika (ANC) memuji sepak terjang dan moral mereka dalam melawan rezim apartheid di Afrika Selatan (Afsel). Sebaliknya, kini banyak veteran yang ikut berjuang melawan apartheid justru mengungkapkan kekecewaan terhadap partai tersebut.

Sebagai partai politik pengusung Presiden Jacob Zuma, ANC tengah menghadapi kemerosotan dukungan publik. Reputasi partai itu anjlok karena korupsi. Selain itu, muncul ancaman di internal untuk memecah fraksi-fraksi pendukung partai karena saling bersaing.

Berbagai kalangan menilai, Zuma yang menjadi aktivis antiapartheid bersama pemimpin ANC Nelson Mandela lebih mengutamakan kepentingan pribadi daripada kepentingan nasional. “Saya tidak bangga menjadi anggota ANC yang dipimpin kumpulan ini. Saya bangga akan sejarah ANC,” cetus Frank Chikane, tokoh terkemuka yang turut dalam perlawanan antiapartheid.



Chikane, pendeta yang dibesarkan di Soweto, memimpin unjuk rasa dari 1970 hingga 1980. Dalam perjuangannya, ia kerap dijebloskan ke penjara oleh aparat dan menjadi target dalam percobaan pembunuhan ketika polisi meracuni pakaiannya.

“Apa yang terjadi di luar sana bukanlah ANC. Dulu kita mengira musuh berada di luar, sekarang musuh ada di dalam.” Saat ini banyak kritikus ANC berfokus pada pribadi Zuma.



Zuma yang memerintah Afsel sejak 2009 akan tetap duduk sebagai presiden sampai menjelang pemilihan umum pada 2019. Para kritikus menilai Zuma memberikan dukungan kepada mantan istrinya, Nkosazana Dlamini-Zuma, untuk menggantikan posisinya sebagai pemimpin Afsel.



Dalam pemilihan presiden mendatang, saingan utama Dlamini ialah Wakil Presiden Cyril Ramaphosa. Di lain hal, warga Afsel menyoroti Zuma karena terlibat sejumlah skandal korupsi. Dia juga pernah menjadi tersangka pada 2016. Zuma menjadi tersangka karena melanggar konstitusi setelah menolak mengembalikan dana masyarakat untuk merenovasi rumah pribadinya. (AFP/*/I-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...asa/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa UE Siap Lanjutkan Perundingan Brexit

- Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa Solusi Dua Negara Terbaik untuk Palestina

- Aktivis Antiapartheid Kritik Partai Penguasa Kota Berlin Surganya Babi Hutan

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di