alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Gatra.com /
Dubes Agus: Sikap Indonesia Soal Palestina Cerdas, Tegas, dan Pedas
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3451ad582b2e96588b4572/dubes-agus-sikap-indonesia-soal-palestina-cerdas-tegas-dan-pedas

Dubes Agus: Sikap Indonesia Soal Palestina Cerdas, Tegas, dan Pedas

Dubes Agus: Sikap Indonesia Soal Palestina Cerdas, Tegas, dan Pedas

Jakarta, Gatra.com - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel, menilai sikap Indonesia yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul Convention and Exhibition Center (ICEC), sangat tegas, lugas, cerdas, keras, dan pedas.

"Sikap Indonesia yang disampaikan Presiden sangat tegas dan sekaligus keras untuk menyelamatkan Palestina dari operasi 'Israelisasi Yerusalem," kata Agus, Jumat (15/12).Dengan suara baritonya, Jokowi menyampaikan keistiqomahan Indonesia dalam membela Palestina dan sekaligus melontarkan kritik pedas untuk "insiders" dan juga outsiders terkait keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.Di hadapan perwakilan dari 57 negara anggota OKI, Jokowi menyampaikan, KTT OKI ini sangat penting untuk merespon keputusan Trump yang sangat tidak bisa diterima dan Indonesia mengutuk keras.Semua negara anggota OKI harus bersatu dan satu sikap dalam mempertahankan Palestina. "The issue of Palestine must reunite us.  We must solidify our voice and unity in defending Palestine," ujarnya. Keputusan Trump merupakan ketidakadilan terhadap kemanusiaan yang telah menghapus harapan perdamaian yang abadi sehingga keputusan tersebut harus ditolak. "The Decision must be rejected," tandas Agus mengutip pernyataan Jokowi.Dalam pidatonya, Jokowi menyampaikan 6 poin penting. Pertama, OKI harus menolak sikap AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Satu-satunya solusi, Yerusalem Timur sebagai Ibu Kota Palestina.Kedua, Jokowi meminta semua negara anggota OKI yang memiliki kedubes di Tel Aviv tidak mengikuti langkah AS, yakni memindahkan kedubes ke Yerusalem.Ketiga, Jokowi mendorong OKI sebagai motor agar seluruh negara mengakui kemerdekaan Palestina. Keempat, negara-negara yang mempunyai hubungan dipolamatik dengan Israel harus meninjau ulang hubungan tersebut sesuai resolusi OKI sebelumnya.Kelima, negara anggota OKI harus mengambil langkah bersama dalam meningkatkan bantuan kemanusiaan, peningkatan kapasitas, dan kerja sama ekonomi terhadap Palestina. Keenam, Jokowi juga berharap OKI menjadi motor bagi gerakan di berbagai forum internasional dan multilateral untuk mendukung Palestina. Hal itu termasuk di Majelis Umum Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).Dukungan Indonesia terhadap Palestina takkan berkurang dalam hal politik luar negeri bahkan ekonomi. "Not only in terms of political support, Indonesia will also continue to increase its commitment for capacity building and economic cooperation with Palestine," kata Agus mengutip pernyataan Jokowi.Mulai 2018 mendatang, Indonesia akan menerapkan nol tarif untuk berbagai produk yang berasal dari Palestina. Indonesia juga akan tetap meperjuangkan kemerdekaan Palestina. Keputusan luar negeri Indonesia akan tetap mendukung Palestina."Firm support for Palestine," katanya.

Editor: Iwan Sutiawan

Sumber : http://www.gatra.com/internasional/t...egas-dan-pedas

---

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
mantap..


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di