alexa-tracking

Wiranto: Indonesia-Myanmar Siap Kerjasama Berantas Terorisme

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3451a250741000688b457f/wiranto-indonesia-myanmar-siap-kerjasama-berantas-terorisme
Wiranto: Indonesia-Myanmar Siap Kerjasama Berantas Terorisme
Wiranto: Indonesia-Myanmar Siap Kerjasama Berantas Terorisme

Jakarta, Gatra.com- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto menerima Duta Besar Indonesia untuk Myanmar, Ito Sumardi di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta pada Jumat (16/12). 

 
Pertemuan tersebut untuk melaporkan mengenai kerja sama antara Indonesia dengan Myanmar terkait pengamanan melawan terorisme.  
“Pak Ito yang dulu menghubungkan saya dengan para tokoh di sana (Myanmar) melaporkan ke saya bahwa mereka siap untuk melakukan langkah-langkah menuju satu MoU khusus dengan Indonesia, untuk membantu pengamanan melawan terorisme di sana,” kata Wiranto. 
Menurutnya, dengan kepercayaan tersebut maka Indonesia akan melaksanakan sebaik-baiknya. Karena kebetulan tidak hanya Myanmar saja, tetapi PBB sendiri juga sangat mengharapkan peran Indonesia untuk bisa membantu perdamaian di sana. 
“Ini yang oleh Presiden betul-betul menjadi tujuan kita bersama. Selain Myanmar, kita juga ke Palestina untuk aktif bagaimana kita menciptakan perdamaian di Palestina,” katanya.
Menko Polhukam juga kembali menegaskan bahwa Indonesia tidak memiliki tujuan untuk mengintervensi masalah dalam negeri Myanmar. Tetapi karena ingin menjaga stabilitas kawasan ASEAN agar bebas dari terorisme, seperti yang sudah dilakukan Indonesia pada saat membantu Filipina dengan aksi untuk menetralisir basis ISIS di Marawi. 
“Karena sangat boleh jadi kalau kita tidak hati-hati, tatkala ISIS membangun basis di Poso gagal, basis di Marawi gagal, boleh jadi menempatkan sasarannya untuk menjadikan Rakhine State sebagai bagian dari pusat terorisme baru,” katanya.
Sementara itu, Dubes RI untuk Myanmar, Ito Sumardi mengatakan bahwa saat ini kondisi di Rakhine State sudah aman. Menurutnya, Indonesia sendiri memiliki peran yang sangat banyak dalam membantu masalah kemanusiaan di sana. 
“Sudah sejak Oktober situasinya aman. Peran Indonesia juga sangat banyak untuk membantu masalah kemanusiaan di sana dan sekarang juga ingin berkontribusi untuk siap menghadapi adanya terorisme,” kata Ito.

Reporter: Ervan Bayu
Editor : Anthony Djafar

Sumber : http://www.gatra.com/internasional/a...ntas-terorisme

---

kerjasama apik antar negara
×