alexa-tracking

Kementan Fasilitasi Pemerintah Daerah Untuk Program Satu Juta Sapi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a345191dc06bd73538b4572/kementan-fasilitasi-pemerintah-daerah-untuk-program-satu-juta-sapi
Kementan Fasilitasi Pemerintah Daerah Untuk Program Satu Juta Sapi
Kementan Fasilitasi Pemerintah Daerah Untuk Program Satu Juta Sapi

Jakarta, Gatracom - Kementerian Pertanian (Kementan) merancang program untuk memfasilitasi pemerintah daerah dalam pengembangan sektor peternakan. Caranya, membantu pemerintah daerah dengan mendekatkan perbankan untuk pengembangan satu juta sapi.

Agar program ini tercapai Kementan melakukan nota kesepahaman dengan lima perwakilan pemerintah daerah, BRI dan Bank Nagari. Kelima pemerintah daerah yaitu provinsi Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Lampung. Selain itu program satu juta sapi ini memiliki skema pembiayaan yang mudah. Yakni pemerintah daerah akan membawahi peternak untuk membeli sapi dari pengusaha menggunakan kredit usaha rakyat (KUR) yang disediakan oleh pihak perbankan.Sementara, Kementan bertanggung jawab mengalokasikan dana untuk mengasuransi sapi. Asuransi itu dicanangkan untuk 120 ribu sapi, yang bernilai Rp 20 milyar. "Rencananya nanti asuransi dari Kementan untuk 120 ribu sapi. Sementara satu juta sapi lainnya, akan dibuatkan skemanya," ungkap Amran, Kamis (14/12) di Gedung Kementan, Ragunan, Jakarta Selatan.Sapi yang disediakan dari skema impor akan disiapkan oleh Kamar Dagang Indonesia (Kadin) dan para pengusaha. "Kemudian bank yang akan membayar melalui KUR setelah diserahkan ke perani dari pengimpor. Petani akan mencicil KUR ke perbankan," imbuh Amran.
Sebelumnya, pemerintah telah memberikan program bunga bersubsidi dengan KUR. "Untuk itu, perbankan kita harapkan dapat meningkatkan penyalurannya mengingat penyaluran KUR untuk sektor pertanian baru mencapai 19,3% atau Rp 35,2 trilyun dari total penyaluran nasional sebesar Rp 182,6 trilyun," tandasnya.

Reporter: Rizaldi AbrorEditor: Arief Prasetyo

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/makro/2...satu-juta-sapi

---


- Kementan Fasilitasi Pemerintah Daerah Untuk Program Satu Juta Sapi Pemerintah Jamin Ketersediaan Stok Daging Sapi Saat Natal dan Tahun Baru
image-url-apps
mantap... daging sapi emang enak
×