alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Gatra.com /
BEI: Kenaikan Suku Bunga The Fed Tak Pengaruhi Pasar Modal Indonesia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a345148d675d41e7e8b4573/bei-kenaikan-suku-bunga-the-fed-tak-pengaruhi-pasar-modal-indonesia

BEI: Kenaikan Suku Bunga The Fed Tak Pengaruhi Pasar Modal Indonesia

BEI: Kenaikan Suku Bunga The Fed Tak Pengaruhi Pasar Modal Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Bank Sentral AS (The Fed) menaikkan kembali suku bunganya, 25 basis poin menjadi 1,50 persen, rabu kemarin.  Ini adalah kali ketiga mereka menaikkan suku bunganya sepanjang tahun 2017.

 
 
Walaupun ada proyeksi peningkatan suku bunga The Fed di akhir 2017, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkirakan, hal itu tidak berdampak besar bagi kinerja pasar modal Indonesia.‎
 
 
"Dengan tingkat imbal hasil yang cukup menjanjikan sekarang, saya kira kita tidak perlu terlalu khawatir dengan kenaikan tingkat suku bunga yang dinaikkan sekarang," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat di Jakarta, Kamis (14/12).
 
 
Lebih lanjut Samsul menuturkan, teorinya memang kenaikan suku bunga The Fed bakal berpengaruh pada kegiatan investasi di suatu negara, salah satunya Indonesia yang tidak bisa terlepas dari kenaikan suku bunga tersebut.‎
 
 
"Jadi kalau suatu negara meningkatkan suatu tingkat suku bunga maka impact-nya mestinya kegiatan investasi menurun. Karena cost of vital-nya menjadi besar," kata Samsul.
 
 
Meski demikian, kata dia, untuk mengurangi dampaknya, perlu ada kontrol pemerintah, khususnya mengkontrol ekonomi Indonesia. “Jadi kalau kita memang berharap terjadi stabilitas dari sisi tingkat suku bunga. Pemerintah harus mengontrol peredaran uang, juga mengontrol kegiatan moneter,” tegas Samsul.
 
 
Sementara itu Direktur Utama Mandiri Investasi Alvin Pattisahusiwa menyampaikan, kenaikan suku bunga The Fed sudah diperkirakan oleh para investor, sehingga tidak terlalu berdampak signifikan pada pergerakan pasar saham. “Kenaikan Fed Fund Rate (FFR) semalam sudah diperkirakan, termasuk tahun depan dalam perkiraan 2-3 kenaikan lagi,” ujarnya.
 
 
Alvin menjelaskan, keputusan The Fed dalam menaikan suku bunganya lantaran pemerintah negara Paman Sam tersebut melihat terdapat pertumbuhan ekonomi. Kenaikan FFR juga turut mempengaruhi yield obligasi di AS.
 
 
“Dari obligasi AS kalau suku bunga naik, yield naik. Kita harus bisa lihat kalau (suku bunga) di AS naik, inflasi naik, dan pertumbuhan ekonominya tumbuh,” tuturnya.
 
 
Pertumbuhan ekonomi di AS, kata Alvin, juga akan berdampak pada perekonomian negara berkembang, termasuk Indonesia. Pasalnya, akan ada peningkatan permintaan produk ekspor ke AS dan transaksi lainnya.
 
 
“Bisa dilihat di kuartal III,   kenaikan ekspor impor di atas 17% yang menunjukkan aktifitas transaksi terus,” kata Alvin.
 
 

 
Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Hendri Firzani

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/makro/2...odal-indonesia

---


- BEI: Kenaikan Suku Bunga The Fed Tak Pengaruhi Pasar Modal Indonesia BEI Terus Perluas Basis Investor Pasar Modal
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
tak berpengaruh signifikan


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di