alexa-tracking

LIPI : Indonesia Kekurangan Tenaga Kerja Pelayaran

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3451329a095136078b457c/lipi--indonesia-kekurangan-tenaga-kerja-pelayaran
LIPI : Indonesia Kekurangan Tenaga Kerja Pelayaran
LIPI : Indonesia Kekurangan Tenaga Kerja Pelayaran

Jakarta, Gatra.com - Sebagai negara maritim, Indonesia masih mengalami kekurangan tenaga kerja d industri pelayaran. Menurut studi Masyarakat Masyarakat Indonesia (MTI) sektor ini membutuhkan paling sedikit 7.000 orang per tahun, namun baru 1.500 tenaga kerja yang tersedia (21%).

Peneliti Pusat Penelitian Ekonomi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Joko Suryanto mengatakan kebutuhan tenaga kerja profesional di industri pelayaran terus meningkat. Di tahun 2019, diperkirakan kebutuhan tenaga kerja di sektor ini mencapai 64.897 pelaut dalam negeri dan 93.479 pelaut luar negeri. 
"Kita sebagai negara maritim seharusnya bisa memasok tenaga kerja pelayaran atau pelaut. Saat ini terjadi kekurangan yang ekstrim," kata peneliti Pusat Penelitian Ekonomi LIPI Joko Suryanto di Gedung LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (14/12) siang. 
Untuk kepelabuhanan memerlukan tenaga kerja sebanyak 6.630 orang. Sebanyak 2.155 orang untuk pelabuhan umum dan terminal khusus atau terminal untuk kebutuhan sendiri serta mengantisipasi pembangunan 24 pelabuhan baru. 
Joko menambahkan saat ini belum ada kebijakan affirmatif (affirmative policy) untuk mendorong minat masyarakat menggeluti dunia kemaritiman. Terlebih masih ada stigma buruk di masyarakat mengenai profesi pelaut. 
"Saat ini belum ada kebijakan yang membuat pendidikan kemartiman ini diminati masyarakat. Padahal kebijakan ini sangat penting untuk mendorong minat masuk ke kemaritiman," pungkas Joko.

Reporter : Abdul Rozak
Editor : Sandika Prihatnala

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/industr...erja-pelayaran

---

image-url-apps
tenang.. masih ada nasbung
×