alexa-tracking

Komodo Bond Jasa Marga Oversubscribed di Bursa London

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a345126c1cb17e06e8b4581/komodo-bond-jasa-marga-oversubscribed-di-bursa-london
Komodo Bond Jasa Marga Oversubscribed di Bursa London
Komodo Bond Jasa Marga Oversubscribed di Bursa London
 

Jakarta, Gatra.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan bahwa penerbitan Komodo Bond yang dijalankan PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) di London Stock Exchange (LSE) merupakan kepercayaan pelaku pasar atau investor asing terhadap pasar Indonesia yang mulai tumbuh.

 
 
Komodo Bond yang diterbitkan Jasa Marga mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga empat kali. Komodo bond yang diterbitkan dengan jangka waktu tiga tahun memiliki nilai sebesar Rp4 trilyun atau setara US$295,7 juta), dengan kupon 7,5%.
 
 
Dana dari obligasi ini  akan digunakan Jasa Marga untuk mengakses investor global, melalui bursa London, dalam rangka mendukung rencana pembangunan infrastruktur di Indonesia dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.
 
 
"Saya kira dengan sudah dicatatkannya Komodo Bond di London ini menunjukkan investor asing juga mulai mempercayai Indonesia dan perekonomian Indonesia," ujar Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, di Jakarta, Kamis (14/12).
 
 
Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, melalui Komodo Bond investor dapat mengambil keuntungan dari peluang berinvestasi di sektor infrastruktur Indonesia.
 
 
"Komodo bond ini memungkinkan investor asing untuk mengakses infrastruktur dengan kualitas tinggi dalam rangka diversifikasi portofolio mereka (investor). Investor juga memiliki akses kepada mata uang lokal yang memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi dibanding dolar bonds (bond dalam bentuk dolar). Bond dalam bentuk rupiah adalah satu pendekatan untuk management risiko terkait mata uang asing," kata Rini beberapa waktu lalu.
 
 
Sementara Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani mengatakan, dengan sejarah kredit yang baik serta pendapatan yang stabil Jasa Marga dapat memperoleh pengumuman minat transaksi investor lebih awal yakni menjelang pengumuman transaksi.
 
 
"Penerbitan melalui London Stock Exchange karena LSE merupakan bursa internasional yang memungkinkan Jasa Marga untuk melakukan diversifikasi lebih lanjut mengenai sumber pendanaan, setelah pernah menerbitkan di pasar lokal melalui sekuritisasi dan penerbitan obligasi di beberapa proyek pada awal tahun," ujar Desi.
 
 
Sementara CEO LSE Nikhil Rathi menambahkan, selain Indonesia, sebelumnya ada perusahaan asal Asia yang juga menerbitkan bond di London Stock Exchange. Perusahaan itu menerbitkan bond dengan denominasi Ruppe.
 
 
"Selain indonesia, India juga menerbitkan bond yaitu surat utang denominasi dengan Ruppe," kata Nikhil.
 
 
 

Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Hendri Firzani

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/finansi...i-bursa-london

---


- Komodo Bond Jasa Marga Oversubscribed di Bursa London Anak Usaha Jasa Marga Terbitkan Obligasi Rp 1,5 Trilyun