alexa-tracking

Ekspor Otomotif Ke Timur Tengah Turun, Indonesia Andalkan Pasar ASEAN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3450ffd44f9fe05c8b457a/ekspor-otomotif-ke-timur-tengah-turun-indonesia-andalkan-pasar-asean
Ekspor Otomotif Ke Timur Tengah Turun, Indonesia Andalkan Pasar ASEAN
Ekspor Otomotif Ke Timur Tengah Turun, Indonesia Andalkan Pasar ASEAN

Jakarta, Gatra.com - Penurunan harga minyak dalam beberapa tahun terakhir memberi dampak ekonomi di sejumlah negara Timur Tengah. Imbasnya hingga ke sektor otomotif, dimana negara-negara petrodollar itu adalah pasar utama ekspor mobil dari Asean. 

 
Menurut Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Edward Otto Kanter, ekspor ke kawasan itu tetap menjadi penyumbang peningkatan ekspor kendaraan TMMIN selain kawasan Asia Tenggara yang permintaannya terus tumbuh.
 
"Ekspor itu tergantung negara tujuan. Wilayah Timur Tengah memang ada penurunan harga minyak, tapi di bagian lain di ASEAN mengalami peningkatan," jelas dia.
 
Kinerja ekspor TMMIN sepanjang Januari-November 2017 terus bersinar. Dalam kurun waktu itu TMMIN mengekspor 190.000 kendaraan utuh (Completely Built Up/CBU), naik 20 persen dibandingkan tahun lalu.  "Dari target 10 persen, rasa-rasanya malah mencapai 20 persen menjadi 190.000 unit untuk tahun ini dari seluruh model Toyota," kata Edward Otto Kanter seperti dilaporkan Antara.
 
Toyota Fortuner, menurut dia, menjadi primadona ekspor setelah produk unggulan lain seperti Toyota Kijang Innova, Yaris dan Sedan Vios."Yang sangat menggembirakan. Model yang paling premium dari produk kami yaitu Toyota Fortuner menyumbang 35 persen atau mendekati 60.000 unit," kata dia kepada Antara. Tahun 2016, Toyota mengekspor sekitar 165.000 unit kendaraan, lebih rendah dari ekspor tahun sebelumnya yang tercatat 176.000 unit. 
 
Sebaliknya, Toyota Motor Thailand merasakan sekali dampaknya. "Toyota Motor Thailand mengalami penurunan eksport karena sangat tergantung pada pasar negara-negara Timur Tengah yang merupakan pasar utama untuk pickup," kata chairman Toyota Motor Thailand Ninnart Chaithirapinyo seperti dikutip Bangkok Post saat seremoni ekspor perdana pickup Toyota Hilux Revo ke Jepang, akhir bulan lalu di Thailand. 
 
Target ekspor Toyota Motor Thailand tahun ini 291 ribu unit, turun 9 persen dari ekspor tahun lalu dan merupakan penurunan tahun ke-empat. Ninnart Chaithirapinyo menjelaskan bahwa Toyota Motor Corp. sedang mencarikan pasar-pasar baru untuk produk ekspor Toyota Thailand. "Negara-negara Pasifik juga menjadi tujuan ekspor pickup yang cukup baik," katanya. 
 
Toyota adalah eksportir mobil terbesar Thailand. Selain Toyota, sejumlah merek juga menjadikan Thailand sebagai basis produksi dan ekspor untuk kawasan Asia Pasifik. Seperti Isuzu, General Motor, Ford, Mitsubishi dan lainnya. Sepanjang tahun ini hingga Oktober, Thailand sudah mengekspor sebanyak 940 820 unit mobil.

Editor: Rosyid

Sumber : http://www.gatra.com/ekonomi/industr...an-pasar-asean

---


- Ekspor Otomotif Ke Timur Tengah Turun, Indonesia Andalkan Pasar ASEAN Kemendag Sasar Ekspor Kopi dan Kelapa Sawit ke Mesir
ASEAN masih prioritas utama