alexa-tracking

Kota Berlin Surganya Babi Hutan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a3445f431e2e6d9588b4578/kota-berlin-surganya-babi-hutan
Kota Berlin Surganya Babi Hutan
Kota Berlin Surganya Babi Hutan

HEWAN itu memiliki bulu yang kasar, kepala besar, mata berukuran kecil, taring menonjol, dan terkadang bertabiat buruk. Hewan yang dimaksud ialah babi hutan. Kini ratusan ekor babi hutan menganggap Kota Berlin sebagai rumah mereka. Di kota itu, babi hutan secara bebas terlihat membongkar kebun milik warga. Bahkan, warga yang bermukim di pinggiran ibu kota Jerman itu harus berlatih untuk hidup dengan sekumpulan besar hewan omnivora tersebut. “Banyak orang berkata, ke mana pun mereka pergi selalu melihat babi hutan,” ujar Derek Ehlert, ahli margasatwa liar asal Berlin.



Populasi babi hutan di Kota Berlin diperkirakan kini berkisar 3.000 ekor. Berdasarkan laporan yang diterima secara berkala dari para pelari dan pemilik anjing yang kerap menemui hewan buas itu mengungkapkan babi hutan mampu berlari dengan kecepatan hingga 40 km/jam.Di lain hal, warga Berlin lainnya menuturkan terkadang melihat sekumpulan babi hutan melintas di jantung kota. “Saya pernah melihat dua ekor di antaranya terluka, mungkin terserempet kendaraan. Saya melihat binatang-binatang itu di alun-alun perbelanjaan Alexanderplatz,” terang warga Berlin.



Di Berlin, tempat perbelanjaan Alexanderplatz termasuk yang ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Menurut Ehlert, penampakan sekumpulan babi hutan di siang hari kini semakin terasa biasa. “Mungkin karena sekarang hewan itu tidak lagi begitu menakutkan,” imbuhnya.



Julukan baru

Akibat banyaknya babi hutan berkeliaran di Kota Berlin, terkadang ibu kota Jerman itu dijuluki sebagai ‘ibu kota babi hutan’ oleh media setempat. Mereka menyematkan gelar tersebut karena Berlin telah lama menjadi tempat berlindung bagi semua binatang liar. Tidak hanya babi hutan, ribuan rubah juga berkeliaran di kota itu. Warga pernah melaporkan beech marten menggigit kabel mobil dan sejumlah rakun menggeledah tempat-tempat sampah. Tidak seperti kota besar lainnya di Eropa, Berlin menjadi rumah yang nyaman bagi babi hutan. Sekitar 20% area kota Berlin ditutupi hutan lebat dan ruang terbuka hijau.



Kebijakan membangun ruang terbuka hijau dan hutan kota mulai diterapkan pada abad ke-19. Sejak saat itu, makanan untuk hewan dapat ditemukan di perkebunan dan ladang jagung di sekitar Kota Berlin. Khusus babi hutan, menurut Ehlert, binatang itu tidak mempunyai insting sebagai predator. Hewan itu biasanya berburu dengan dibatasi oleh musim. Di musim dingin, populasi mereka menyusut akibat banyak yang mati kedinginan. Meski begitu, pihak berwenang mencatat sejumlah kecelakaan lalu lintas akibat babi hutan. Bahkan beberapa kecelakaan di pelintasan rel kereta terjadi karena ulah sekumpulan babi hutan. (AFP/*/I-4)


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...tan/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kota Berlin Surganya Babi Hutan IHSG kembali Catatkan Rekor Baru ke 6.119

- Kota Berlin Surganya Babi Hutan BTN Garap Potensi Pematang Siantar

- Kota Berlin Surganya Babi Hutan Hoki Gaet Pelatih Asal Malaysia