alexa-tracking

Kasus Penderita Difteri Bertambah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5a341bbba09a39e24c8b4572/kasus-penderita-difteri-bertambah
Kasus Penderita Difteri Bertambah
Kasus Penderita Difteri Bertambah

DINAS kesehatan Kota Bekasi menemukan lima kasus yang diduga ialah kasus difteri sepanjang Desember 2017. Hingga saat ini total kasus difteri di Kota Bekasi ialah 17, 4 di antaranya positif difteri. "Sejak status KLB difteri di Jawa Barat ditetapkan, warga Bekasi menjadi paranoid saat merasa ada gejala. Di situlah jumlah kasus yang ditemukan bertambah," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Kusnanto Saidi, di Plaza Pemkot Bekasi, Jumat (15/12). Kusnanto menjelaskan, sejak awal Januari hingga November 2017, ditemukan 12 kasus menyerupai difteri.



Empat kasus di antaranya dinyatakan positif. Sisanya, delapan kasus, negatif. Memasuki awal Desember jumlah suspect difteri bertambah lima kasus. Saat ini pasien masih menjalani tes laboratorium. "Hasil tes baru bisa keluar sekitar 4-7 hari kerja," kata Kusnanto. Saat ini, kata dia, pihaknya menargetkan sekitar 970 ribu orang anak usia 1-19 tahun mengikuti vaksinasi ulang penyakit difteri sejak Senin (11/12). Sampai saat ini baru sekitar 32.057 anak yang sudah menjalani vaksinasi. "Karena tidak ada batasannya, vaksinasi tetap berjalan di sekolah dan puskesmas," kata dia.



RS disiagakan

Selain itu, kata Kusnanto, sebagai langkah pencegahan jatuhnya korban jiwa, pihaknya menyediakan delapan rumah sakit rujukan khusus penanganan penyakit difteri. Rumah sakit tersebut wajib menyediakan ruang isolasi untuk menampung pasien dengan diagnosis positif difteri dan suspect difteri. Delapan rumah sakit itu ialah RSUD dr Chasbullah Kota Bekasi, RS Hermina, RS Awal Bross Bekasi Barat, RS Awal Bross Bekasi Timur, RS Mitra Keluarga Cibubur, RS Permata, RS Siloam Bekasi Timur dan RS Anna Medika. "Kalau warga mau berobat ke 42 rumah sakit lainnya di Kota Bekasi tidak dilarang, ini sifatnya hanya rujukan," kata dia.



Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Bekasi Dezi Syukrawati menyampaikan proses vaksinasi ulang masih berlangsung di 39 puskesmas yang ada di Kota Bekasi. Lantaran musim libur sekolah tiba, mereka dianjurkan tetap ikut vaksinasi di puskesmas terdekat. "Puskesmas tetap melayani vaksinasi. Anak sekolah bisa vaksinasi di sana," jelas dia. Dezi mengaku ketersediaan obat vaksin pencegahan difteri di Kota Bekasi lebih dari cukup. Ditambah suplai vaksin dari Kemenkes RI sudah datang sejak dua hari lalu, Rabu (13/12).


Sumber : http://www.mediaindonesia.com/news/r...bah/2017-12-16

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Kasus Penderita Difteri Bertambah Suasana Natal Harus Tertib dan Aman

- Kasus Penderita Difteri Bertambah Sepekan, Dapat Gratifikasi Harus Lapor

- Kasus Penderita Difteri Bertambah AirNav Kelola Slot Time Secara Transparan

×